Advertisement

Kepala Desa Bongas, Bandung Barat Diduga Gelapkan Uang Bankeubup Senilai Rp 87,3 Juta

Kepala Desa Bongas, Bandung Barat Diduga Gelapkan Uang Bankeubup Senilai Rp 87,3 Juta
Editor: Admin B Teras KBB —Jumat, 18 Januari 2019 14:26 WIB

Terasjabar.id - Kepala Desa Bongas, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Amin Supriatna diduga melakukan penggelapan uang dari dana bantuan keuangan bupati (Bankeubup) intensif Ketua RT dan RW tahun 2018.

Total dana yang diduga digelapkan itu sekitar Rp 87.300.000.


Berdasarkan informasi sumber Tribun Jabar, Desyana (bukan nama sebenarnya), Bankeubup ini sebenarnya sudah ditransfer ke rekening bendahara desa tetapi oleh Kepala Desa Bongas tersebut belum disalurkan oleh Ketua RT dan RW.

"Jumlah ada 87 Ketua RT dan 17 Ketua RW yang belum menerimanya. Besaran untuk Ketua RT itu Rp 900 ribu dan Ketua RW Rp 1.8 juta," katanya saat ditemui di kediamannya, Cililin, Rabu (16/1/2019).

Dia juga menegaskan kasus ini sudah sering dipertanyakan oleh Forum RW, tetapi kepala desa tersebut selalu memberikan alasan dengan uang tersebut terpakai untuk kegiatan lain.

"Sudah, sudah ada mediasi hingga libatkan Polsek Cililin dan Kades itu sudah janji akan segera kembalikan juga bayarkan untuk insentif RT dan RW pada Sabtu (19/1)," ujarnya.

Saat Tribun Jabar mencoba mendatangi Kantor Desa Bongas dan menemui kepala desa, kepala desa yang dimaksud sedang tak berada di tempat

Bahkan, salah satu staf Desa Bongas menyebut kepala desa sudah dua hari tak masuk.

Saat Tribun  Jabar mencoba menelponnya, Amin mengatakan uang yang seharusnya dibayarkan kepada RT dan RW justru digunakannya untuk kepentingan kegiatan desa.

Saat ditanyakan untuk kegiatan apa, Amin tak memberikan secara rinci.

"Uang memang harusnya kami kasih pada 30 Desember tapi saya kepepet untuk memakainya di kegiatan desa," ujarnya.

Saat ditemui terpisah, Camat Cililin, Endang Hadiat mengatakan, pihaknya kini sedang berusaha melakukan penyelesaian masalah ini dengan bermusyawarah.

"Ya kades (Bongas) berdalih gunakan uang itu untuk kegiatan desa yang lain. Tapi, kami sedang coba upayakan penyelesaiannya. Dan pak kades pun sudah janji mau bayarkan di Sabtu ini," ujarnya.


(Ren/Sumber;Tribunjabar.id)

Kepala Desa Bongas Bandung Barat Penggelapan Uang Bankeubup


Related Post



Loading...