Pelatihan Membuat Alat Peraga Edukatif Batch 1 IGTKI Kabupaten Garut

Pelatihan Membuat Alat Peraga Edukatif Batch 1 IGTKI Kabupaten Garut
Editor: Jajang Teras Garut —Sabtu, 12 Oktober 2024 12:10 WIB

TERASJABAR.ID - Sabtu (12/10/2024). Komunitas Belajar IGTKI-PGRI Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Pelatihan Membuat Alat Peraga Edukatif di GOR PGRI Cabang Tarogong Kaler, Jl. Rancabango, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Pelatihan pada Batch 1 ini melibatkan guru TK dari lima kecamatan yaitu Tarogong Kidul, Tarogong Kaler, Garut Kota, Cilawu dan Karangpawitan.

Menurut Ketua Kombel IGTKI Kabupaten Garut, Novi Siti Wariah, S.Pd., pertimbangan dibuat beberapa bacth berdasarkan wilayah geografis agar keterjangkauan peserta ke lokasi dan efektifitas pelatihan. Selain itu, pada batch 1 ini peserta dibatasi satu lembaga satu, harapannya peserta dapat melakukan diseminasi di lembaganya masing-masing.

Sementara Calim, S.Pd , selaku ketua pelaksana mengatakan, kegiatan ini diikuti sebanyak 173 peserta yang berkontribusi secara swadaya, dan terselenggara atas kerjasama tim antara pengurus IGTKI cabang dan kabupaten, tim kreatif IGTKI, komunitas belajar IGTKI Kabupaten Garut.

"Pelatihan ini adalah kegiatan luring pertama Komunitas Belajar IGTKI Kabupaten Garut. Diharapkan pelatihan batch pertama ini jadi motivasi daya tarik bagi kecamatan lain sebagai sasaran batch dua dan selanjutnya," ujarnya.

Dian Mardiana, S.Pd., selaku Wakil Ketua IGTKI Kabupaten Garut, mewakili ketua, dalam sebagian sambutannya, menyampaikan permohonan maaf ketua yang sedang ada kegiatan IGTKI di Garut selatan.

Ia menyampaikan dukungan positif pada Kombel dan Tim Kreatif IGTKI, serta pesan yang selalu disampaikan oleh Tati Nurbaeti, S.Pd., MM., yaitu tidak boleh lelah menimba ilmu, jangan merasa cukup dengan pengetahuan yang dimiliki. Harus selalu dinamis, cerdas intelektial, cerdas emosional. Bagi yang berilmu hendaknya selalu berbagi.

Kegiatan ini dibuka oleh Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Drs. H. Jujun Junaedi, M.Pd., pada sambutannya ia memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan Pelatihan Membuat APE. Menurutnya, alat peraga bisa dibeli, tetapi alat peraga yang dibuat sendiri oleh pendidik akan sesuai dengan karakteristik sekolah.

Adapun pemateri pada pelatihan ini adalah Ai Atun Mardiah, S.Pd yang akrab disapa Bu Aat. Ia merupakan Juara 1 Alat Peraga Edukatif (APE) Nasional, dan Juara 1 APE Jambore Merdeka Bermain Jawa Barat.

Bu Aat merasa bersyukur bisa berbagi praktik baik dengan peserta dari lima kecamatan dalam rangka membuat media pembelajaran.

“Alhamdulillah guru-guru sangat antusias. Alat peraga ini in sya Alloh mudah dibuat untuk mengembangkan berbagai aktivitas di sekolah, saya berharap pelatihan ini bermanfaat dan bapak ibu guru yang belajar pada hari ini dapat menularkan pada guru-guru yang lain," tandasnya. ***Jajang Sukmana

IGTKI Kabupaten Garut


Loading...