Jawa Barat Luncurkan Program Akselerasi Kompetensi Guru Melalui Program Guru Penggerak Jawa Barat

Jawa Barat Luncurkan Program Akselerasi Kompetensi Guru Melalui Program Guru Penggerak Jawa Barat
Diah Restu Susanti, S.Pd., M.Pd., Ed.D Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat
Editor: Jajang Teras Garut —11 jam 56 menit lalu

TERASJABAR.ID - Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan telah meluncurkan program Guru Penggerak Jawa Barat, sebuah inisiatif besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah khususnya bidang Pendidikan Menengah diantaranya Guru SLB, SMA dan SMK. Hal tersebut di sampaikan Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Diah Restu Susanti, S.Pd., M.Pd., Ed.D, pada Rabu (25/09/2024).

Diah mengatakan, program ini dirancang untuk mempercepat peningkatan kompetensi guru secara berkelanjutan, sehingga mereka dapat mencetak generasi emas Jawa Barat yang unggul dan berdaya saing global. Program ini dilatarbelakangi oleh tuntutan Guru yang profesional dan berpihak pada murid "Ajarkan anak sesuai jamannya". Kondisi ini berdampak langsung pada kualitas pembelajaran dan prestasi siswa.

Lanjutnya, Guru Penggerak Jawa Barat akan fokus pada pengembangan dua kompetensi utama, yaitu pedagogik dan sosial. Dengan peningkatan kompetensi pedagogik, guru diharapkan mampu merancang pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa Sementara itu, peningkatan kompetensi sosial akan memfasilitasi terciptanya suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan, sesuai dengan tuntutan Kurikulum merdeka.

“Program ini terbagi menjadi beberapa tahap, dengan target seluruh guru SMA, SMK, dan SLB negeri maupun swasta di Jawa Barat dapat mengikuti program ini dalam beberapa tahun ke depan. Setiap tahap memiliki modul pembelajaran yang ambil dari program Guru Penggerak Nasional atas kerjasama dengan BBGP Jawa Barat dan Guru Penggerak seluruh Jawa Barat dan ini menjadi kebutuhan dan tingkat kompetensi guru," terangnya.

Di Tempat yang sama Wawan Kurniawan, ST., MT Analis Kebutuhan PTK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mengatakan, untuk memastikan tercapainya program Guru Penggerak Jawa Barat, Dinas Pendidikan Jawa Barat menjalin kolaborasi dengan berbagai lembaga, seperti Balai Besar Guru Penggerak Jawa Barat BBGP dan Seluruh Guru Penggerak di Jawa Barat untuk menjadi Pengajar Praktik membimbing guru guru di Jawa Barat yang belum berkesempatan menjadi Guru Penggerak yang diadakan kementrian pendidikan, tentunya kami juga bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah, dan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. “Kolaborasi ini bertujuan untuk menyinergikan sumber daya dan keahlian dalam pelaksanaan program,” tegasnya.

Wawan berharap, dengan adanya program Guru Penggerak Jawa Barat, diharapkan kualitas pendidikan di Jawa Barat dapat meningkat secara signifikan. "Guru-guru yang telah mengikuti program ini akan menjadi pionir perubahan dan mampu mencetak generasi muda yang cerdas, berkarakter, dan siap menghadapi tantangan masa depan," pungkasnya. ***Rahayu Tofan Anugrah

Jawa Barat Luncurkan Program Akselerasi Kompetensi Guru


Loading...