Perkemahan SMPN 1 Garut Layak Dicontoh SMP se-Kabupaten Garut

Perkemahan SMPN 1 Garut Layak Dicontoh SMP se-Kabupaten Garut
Editor: Jajang Teras Garut —Kamis, 3 Oktober 2024 18:29 WIB

TERASJABAR.ID - Gudep 01.021-01.022 pangkalan SMPN 1 Garut melaksanakan perkemahan di Bumi Perkemahan Bela Negara, Jl. Cipanas Baru, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Perkemahan Kamis-Jumat -Sabtu untuk murid kelas VII ini dibuka oleh Ka Mabigus SMPN 1 Garut, Rd. Yusup Satria Gautama, M.Pd., pada pukul 16.00 WIB, diikuti oleh sebagian pendidik dan kependidikannya, Kamis (3/10/2024).

Upacara pembukaan sangat disiplin, patut diacungi jempol. Begitu juga dengan kekompakan wali kelas, dan tenaga administrasi ditingkat pembimbing pun begitu tertib dan penuh tanggung jawab.

Itu berarti kegiatan Pramuka SMPN 1 Garut ini layak dijadikan contoh oleh kegiatan Pramuka SMP se-kabupaten Garut, karena memang SMPN 1 Garut merupakan etalase SMP yang ada di Kabupaten Garut.

Tujuan dari kegiatan Pramuka ini adalah belajar mengembangkan diri secara emosional, sosial, dan fisik, sehingga mereka dapat berkembang menjadi pribadi yang lebih matang dan bertanggung jawab.

Dalam perkemahan ini dibentuk mengembangkan kemandirian, seperti mengurus diri sendiri, saling tolong menolong, bekerjasama, saling menyayangi, saling mencintai jaga kekompakan, serta menjaga nama baik institusi atau satuan pendidikan.

Peserta perkemahan juga belajar kedisiplinan, belajar berinteraksi dengan teman sebayanya, mengatasi perbedaan, serta membangun persahabatan. Dan ini sangat penting dalam pembentukan karakter termasuk keterampilan interpersonal mereka.

Melalui perkemahan ini diharapkan dapat membawa pulang nilai-nilai positif yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Untuk itu, semua peserta dalam setiap melakukan aktivitasnya mengikuti instruksi dari para pembina, dan jika ada kejadian seperti sakit atau kebutuhan lainnya segera melapor. Karena semua kebutuhan dan lainnya sudah diatur oleh panitia termasuk diantaranya makan minum, dan layanan kesehatan.

"Pokoknya kegiatan Pramuka ini harus bahagia, semangat. Dan mudah-mudahan kegiatan dari awal sampai akhir semuanya dalam keadaan sehat, mendapat perlindungan Allah SWT., serta bisa diambil hikmahnya untuk dapat diaplikasikan dalam pembelajaran di sekolah," tandas Ka Mabigus, Yusup. ***Jajang Sukmana

Perkemahan SMPN 1 Garut Layak Dicontoh SMP se-Kabupaten Garut


Loading...