SMPN 5 Garut, Perpisahan PLP IPI Garut dan Kajian Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah

SMPN 5 Garut, Perpisahan PLP IPI Garut dan Kajian Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah
Editor: Jajang Teras Garut —Selasa, 1 Oktober 2024 16:06 WIB

TERASJABAR.ID - Sebanyak 16 mahasiswa dan mahasiswi Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut mengakhiri masa Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) di SMPN 5 Garut, Jl. Gunung Payung No. 36, Kelurahan Ciwalen, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (1/10/2024).

Mengingat masih di bulan Rabiul Awal, sehingga perpisahan mereka disatukan dengan kajian dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Ustadz Cecep Romli, serta dimeriahkan dengan berbagai penampilan bernuansa Islami yang dibawakan oleh para murid-muridnya.

Dosen pembimbing PLP IPI Garut, Iin Indriyani mengungkapkan, bahwa kehadiran para mahasiswa dan mahasiswinya di SMPN 5 Garut ini, adalah mempraktekkan teori-teori yang telah diterima di kampus utamanya dalam mengajar di kelas, sedangkan jika ada pertunjukan untuk anak-anak itu hanya sekedar tambahannya saja.

"Alhamdulillah, selama tiga bulan mereka PLP telah membawa kemajuan, mungkin juga untuk sekolah," ucapnya.

Sementara Kepala SMPN 5 Garut, Hj. Kartini, S.Pd., M.Pd., mengucapkan terima kasihnya kepada semua peserta PLP termasuk dosen pembimbingnya, ia berharap ilmu yang telah didapatkannya dari para guru atau latihan praktek mengajar, bisa menjadi bekal untuk nanti terjun langsung ke sekolah.

"Semoga nantinya itu lebih dipermudah segalanya, dan lebih sukses apa yang dicita-citakan oleh adik-adik mahasiswa itu, berhasil dikabulkan oleh Allah SWT.," ucapnya.

Terkait dengan kegiatan keagamaan, khususnya dalam memperingati maulid nabi ini, Kartini berharap semua murid-muridnya tumbuh dengan rasa cinta dan hormat terhadap Baginda Rasulullah SAW., serta bisa meneladani ajarannya.

"Peringatan Maulid Nabi ini bukan hanya sebuah acara seremonial, tetapi menjadi sarana pembelajaran komprehensif yang menyentuh aspek spiritual, moral, sosial, dan kultural anak-anak," terangnya.

Ia juga berharap membawa keberkahan, bisa memperbaiki akhlak, dan di yaumul akhir mendapat syafaat dari Baginda Rasulullah SAW., Amin YRA.

"Kita perbaiki hal-hal atau akhlak yang masih kurang baik, bukan tidak baik, dan sebagai anak tugasnya adalah belajar, menjadi anak-anak soleh solehah, yang senantiasa berbakti kepada kedua orang tuanya, serta membanggakannya," tandasnya.

Sejak tahun 2018, SMPN 5 Garut menerapkan kegiatan keagamaan setiap hari Selasa-Kamis, dan review di pekan ketiga setiap bulannya, dengan maksud jadi terbiasa kedepannya, Seperti sholat Dhuha, membaca Al-Qur'an, dan sebagainya.

Selain pada murid-muridnya, guru-gurunya pun melakukan hal sama, bahkan sudah dijadwalkan, dan setiap dua hari harus melaporkan, berapa juz selesai. Bagi yang berprestasi akan mendapatkan reward yang akan diberikan pada HUT sekolah. ***Jajang Sukmana

SMPN 5 Garut Perpisahan PLP IPI Garut dan Kajian Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah


Loading...