Perpisahan, PLP Mahasiswi IPI Meninggalkan Pesan Literasi pada SDN 1 Regol Garut Kota

Perpisahan, PLP Mahasiswi IPI Meninggalkan Pesan Literasi pada SDN 1 Regol Garut Kota
Editor: Jajang Teras Garut —2 jam 1 menit lalu

TERASJABAR.ID - Mahasiswi Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut mengakhiri masa Pengenalan Lingkungan Persekolahan (PLP) di SDN 1 Regol Kecamatan Garut Kota pada Sabtu (28/9/2024).

Satu program dalam melaksanakan PLP terdapat manajemen pertunjukan, sehingga dalam acara perpisahan ini berbagai pertunjukan hasil binaannya diperlihatkan kepada semua warga sekolah.

Dalam perpisahannya ini dihadiri dosen pembimbinnya, Kepala SDN 1 Regol, Yayu Sri Rahayu, S.Pd.SD., beserta guru-gurunya, dan sebagian orang tua wali murid, serta mahasiswi yang tengah melaksanakan program kampus merdeka dari perguruan tinggi lainnya.

Yayu menuturkan, beberapa bulan yang lalu dirinya kedatangan dari IPI Garut dengan maksud mengajak bekerjasama terkait dengan PLP Mahasiswi IPI Garut.

"Saat itu tanpa berpikir panjang saya mengiyakan saja karena yang terlintas di pikiran saya adalah satu hal yang positif apabila SDN 1 Regol bekerja sama dengan IPI Garut," ungkapnya.

Proses berlanjut akhirnya selama 2 bulan lebih 16 mahasiswi IPI Garut berada di tengah-tengah SDN 1 Regol untuk sama-sama belajar, untuk sama-sama sharing ilmu terkait dengan pembelajaran yang sesungguhnya.

Selama dua bulan ini, banyak hal-hal yang terjadi. Sedikit banyak ada perubahan yang terjadi di SDN 1 Regol atas bantuan mereka, diantaranya bekerja sama untuk menghias satu ruangan kelas yang disulap menjadi ruangan literasi.

Tidak hanya itu di kelas pun mereka memberikan sentuhan-sentuhan yang tentu saja ini menunjang dari pembelajaran dan memberikan suasana baru bagi para peserta didik.

"Kini tibalah saatnya mereka kembali ke kampus. Semoga pengalaman-pengalaman mereka selama di SDN 1 Regol betul-betul menjadikan bekal yang sangat berguna bagi mereka, untuk bisa menerapkannya di lapangan," harapnya.

Pihak sekolah berharap kerjasama dengan IPI Garut ini tidak berhenti sampai di sini melainkan bisa dilanjutkan dengan kerjasama dalam bentuk yang lainnya. ***Jajang Sukmana

Perpisahan PLP Mahasiswi IPI Meninggalkan Pesan Literasi pada SDN 1 Regol Garut Kota


Loading...