SD Kartika XIX-3 Akan Dijadikan Piloting Project SRA di Kabupaten Garut

SD Kartika XIX-3 Akan Dijadikan Piloting Project SRA di Kabupaten Garut
Editor: Jajang Teras Garut —13 jam 18 menit lalu

TERASJABAR.ID - Kamis (26/9/2024). SD Kartika XIX-3 kedatangan tim auditor dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) untuk standarisasi Sekolah Ramah Anak (SRA), setelah mengikuti  Bimtek di bulan Juni 2024, evaluasi mandiri 1, dan evaluasi mandiri 2.

"Audit kesatu secara online, sedangkan audit kedua kunjungan langsung ke sekolah," terang Agus Rohman, S.Pd., selaku kepala sekolah melalui WhatsApp.

Sekolah yang beralamat di Jl. Siliwangi No. 14, Kelurahan Regol, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat ini rencananya akan dijadikan piloting project di Kabupaten Garut, bahkan satu-satunya sekolah dasar (SD) yang ditunjuk sebagai peserta standarisasi SRA di Provinsi Jawa Barat.

Selain itu juga, satu-satunya SD Kartika dari seluruh Indonesia yang ditunjuk langsung oleh TNI untuk mengikuti Standarisasi Sekolah Ramah Anak.

Kunjungan dihadiri oleh Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak dari Kemen PPPA, Dinas Perlindungan Anak Provinsi Jawa Barat, Dinas Perlindungan Anak Kabupaten Garut, perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Garut, serta Pengurus Yayasan Kartika Jaya XIX Siliwangi.

Kunjungan ini untuk memastikan bahwa sekolah memiliki lingkungan yang aman, nyaman, dan mendukung bagi perkembangan anak. Standar ini mengacu pada prinsip-prinsip perlindungan anak, serta memberikan perhatian khusus pada hak-hak anak di lingkungan pendidikan.

Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam standarisasi Sekolah Ramah Anak diantaranya, lingkungan fisik yang aman, penghormatan terhadap hak anak, kebijakan anti-kekerasan dan anti-perundungan, pembelajaran inklusif dan berorientasi pada anak, partisipasi orang tua dan masyarakat, serta pelatihan dan pengembangan guru untuk mendukung terciptanya Sekolah Ramah Anak.

Diketahui, SD Kartika XIX-3 masuk 10 besar sekolah terbaik di Kabupaten Garut berdasarkan kemdikbud.co.id dengan rating google : 4.7 (15). ***Jajang Sukmana

SD Kartika XIX-3 Akan Dijadikan Piloting Project SRA di Kabupaten Garut


Loading...