Korwil H. Jujun Membuka Jamran Garut Kota di Karacak Valley

Korwil H. Jujun Membuka Jamran Garut Kota di Karacak Valley
Editor: Jajang Teras Garut —Sabtu, 31 Agustus 2024 16:13 WIB

TERASJABAR.ID - Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Garut Kota menggelar Jambore di Karacak Valley tepatnya di tengah hutan pinus dan perkebunan kopi milik Perhutani yang masih asri di kaki Gunung Karacak di lingkungan Kelurahan Sukanegla, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jamran dimulai dari hari Jumat Sabtu Minggu (30 Agustus - 1 September 2024), melibatkan sebanyak 520 lebih peserta, dari 39 gugus depan (gudep) SD dan SMP yang berada dalam wilayah Kecamatan Garut Kota.

Jamran dibuka oleh Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota, Drs. H. Jujun Junaedi, M.Pd., dengan diikuti Wakil Ketua Kwarran, Drs. H. Agus WF., M.Pd., (Kepala SMPN 3 Garut), Ketua PGRI, Rahmat, S.Pd., Korwas SD, Pudin, S.Pd., M.Pd., dan sebagian para kepala sekolah beserta pembimbingnya, serta yang lainnya.

Adapun tujuan Jamran ini, diantaranya untuk mempererat persaudaraan, serta meningkatkan keterampilan kepramukaan, dan menanamkan nilai-nilai kebangsaan, gotong-royong di antara para peserta. Juga sebagai ajang evaluasi untuk melihat sejauh mana kemampuan dan keterampilan anggota Pramuka di masing-masing gugus depan.

Diharapkan melalui berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan karakter dan keterampilan pramuka, peserta dapat memperdalam pengetahuan dan kemampuan praktis yang berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Jamran memberikan kesempatan bagi para peserta untuk bertukar pengalaman, membangun jejaring pertemanan, dan memperkuat rasa kebersamaan di antara Pramuka dari berbagai latar belakang.

Melalui Jamran ini, anggota Pramuka dapat meningkatkan keterampilan kepramukaan mereka serta mengembangkan sikap mandiri, disiplin, dan tanggung jawab.

Serta, mampu memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara para peserta, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, memperkaya pengalaman mereka dalam bekerja sama dan berkolaborasi dengan orang lain.

Dengan mengikuti Jamran, para peserta juga diharapkan dapat membawa pulang nilai-nilai positif yang dapat mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Menurut H. Jujun, kegiatan ini juga menjadi sarana untuk memotivasi para anggota Pramuka agar terus aktif berpartisipasi dalam kegiatan kepramukaan dan menjadi teladan bagi generasi muda lainnya. ***Jajang Sukmana

Jamran Garut Kota di Karacak Valley


Loading...