Perkemahan Rakaat Berkah Pangkalan SMPN 3 Garut

Perkemahan Rakaat Berkah Pangkalan SMPN 3 Garut
Drs. H. Agus WF., M.Pd., (Kepala SMPN 3 Garut) bersama Drs. Aceng Muslim, M.Pd.
Editor: Jajang Teras Garut —Jumat, 30 Agustus 2024 12:19 WIB

TERASJABAR.ID - SMPN 3 Garut, Gugus Depan 01-025 & 01-026 menggelar Perkemahan Penggalang Baru Rabu-Kamis-Jumat Berakhlakulkarimah (Rakaat Berkah) khusus kelas VII di Bumi Perkemahan Bela Negara, Jl. Cipanas Baru, Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Rakaat Berkah berlangsung dari tanggal 28-30 Agustus ini, ditutup oleh Wakasek SMPN 3 Garut, Drs. Aceng Muslim, M.Pd., dengan simbol pencopotan pita pada dua peserta di tengah-tengah peserta upacara penutupan pada Jumat (30/8/2024) sekitar pukul 09.00 WIB.

Perkemahan selama tiga hari ini merupakan praktek dari kegiatan sehari-hari yang telah diberikan teori-teori di sekolah, sehingga harus betul-betul dijadikan pembelajaran, baik pengetahuan hasil prakteknya.

Selama perkemahan itu pula ada kegiatan-kegiatan yang sifatnya hiburan, pendidikan latihan, bahkan kreasi-kreasi yang ditonjolkan. Diharapkan bermakna, semua peserta didik dapat menindaklanjutinya, direalisasikan secara berkelanjutan di dalam kesehariannya.

Aceng meyakini melalui ekstrakurikuler kepramukaan, maupun ekstrakurikuler yang lainnya, dalam rangka membangun, membentuk karakter-karakter kepemimpinan, calon-calon pemimpin di kemudian hari. Makanya jangan dianggap sepele.

Menurutnya, tidak seorang pun yang berhasil hanya pandai, pintar untuk dirinya sendiri karena sebagai manusia sosial harus mampu berkomunikasi, ilmu-ilmu yang dimiliki itu harus dikomunikasikan, direalisasikan kepada yang lainnya.

Dengan dididik, dilatih kepemimpinan ini, di samping ilmu pengetahuan belajar di kelas. Insyaallah rasa tanggung jawab, rasa keinginan yang tinggi untuk mencari tangga-tangga kesusksesan, menjadi pemimpin di kemudian hari.

"Alhamdulillah perkemahan telah selesai, dalam keadaan selamat, sehat semuanya, dan semoga semuanya diberikan kelancaran dalam menempuh pendidikan, menempuh ilmu pengetahuan, dan juga dalam rangka dibekalinya nilai-nilai kepemimpinan," tandasnya. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata Pramuka


Loading...