Pilkada Garut 2024 : Syakur - Putri Jadi Pendaftar Kedua Bapaslon ke KPU

Pilkada Garut 2024 : Syakur - Putri Jadi  Pendaftar Kedua Bapaslon ke KPU
Editor: Jajang Teras Garut —Rabu, 28 Agustus 2024 21:11 WIB

TERASJABAR.ID - Pasangan Abdusy Syakur Amin dan Putri Karlina resmi mendaftar sebagai bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Garut pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2024. Pendaftaran dilakukan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Rabu (28/8/2024), sekitar pukul 14.35 WIB.

Kedatangan Syakur dan Putri disambut oleh Sekretaris KPU Kabupaten Garut, Asep Budiyanto, serta iringan kesenian lengser dan penari. Selanjutnya, pasangan tersebut memasuki Aula Kantor KPU untuk mengikuti rangkaian pendaftaran Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Garut Tahun 2024.

Ketua KPU Kabupaten Garut, Dian Hasanudin, mengungkapkan bahwa hingga hari kedua pendaftaran, telah ada dua pasangan yang mendaftarkan diri sebagai calon, termasuk har ini, pasangan Syakur - Putri.

"Alhamdulillah prosesnya berjalan dengan lancar dan kita melaksanakan proses pendaftaran sebelum penutupan, jadi untuk hari ini penutupan tepat di jam 16.00 kita tutup proses pendaftaran, dan selanjutnya untuk hari besok kita akan buka dari jam 08.00 sampai jam 23.59," ujar Dian dalam konferensi pers.

"Jadi besok juga kita tetap bertugas melaksanakan proses pendaftaran, meskipun disinyalir misalkan tidak ada yang mendaftar," tambah Dian.

Dian juga menegaskan bahwa persyaratan dokumen kedua Bapaslon telah lengkap dan akan diverifikasi oleh pihak KPU. Pada hari pertama, pasangan dr. Helmi-Yudi didukung oleh empat partai, sementara pasangan Syakur-Putri yang mendaftar hari ini didukung oleh 11 partai, termasuk Partai Nasdem, PDIP, Gerindra, dan Golkar.

Dengan total 15 partai yang telah menyatakan dukungan, masih ada tiga partai yang belum menentukan dukungan terhadap salah satu pasangan calon. Dian menambahkan, penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati akan dilakukan pada 22 September 2024, diikuti pengundian nomor urut pada 23 September.

"Proses pemeriksaan kesehatan bagi kedua Bapaslon yang telah mendaftar akan dilaksanakan pada 1 September di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung," tambahnya.

Sementara itu, Bakal Calon Bupati Garut, Abdusy Syakur Amin, menuturkan, jika dirinya bersama Putri Karlina bersama-sama datang ke Kantor KPU Kabupaten Garut untuk mendaftarkan diri sebagai Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Garut Periode 2024-2029. Pada kesempatan ini pihaknya datang bersama para pengusung dari 7 partai parlemen dan 4 partai non parlemen.

Ia berterima kasih kepada partai-partai yang telah mengusung dan mendukung hingga memberikan kepercayaan untuk bisa menjadi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Garut.

"Alhamdulilah kegiatan pelaksanaan pendaftaran berlangsung dengan lancar, aman. Saya menyampaikan secara prinsip sudah memenuhi persyaratan, sedikit-sedikit barangkali insha Allah dalam waktu sesingkat-singkatnya akan kami selesaikan," tutur Syakur, dalam konferensi pers.

Abdusy Syakur Amin, menyatakan optimisme dan keyakinannya dalam menghadapi Pilkada Garut 2024. "Dengan dukungan dari 7 partai parlemen dan 4 partai non-parlemen, kami yakin akan mampu memenangkan Pilkada Garut 2024," ujarnya.

Syakur juga mengungkapkan rencana kerja yang disusun berdasarkan survei ke masyarakat untuk memenuhi harapan mereka.

"(Bukan) berarti kami jumawa, kami terus akan bekerja keras untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang insha Allah akan bisa mengajak masyarakat untuk memilih kami dengan tawaran-tawaran program kerja, yang sudah kami susun berdasarkan hasil scientific kami melakukan survei-survei ke masyarakat," tandasnya. ***Jajang Sukmana

Pilkada Serentak 2024


Loading...