Sukses Gemilang! Seminar Internasional IPI Garut Ajak Ratusan Guru dan Kepala Sekolah Berinovasi

Sukses Gemilang! Seminar Internasional IPI Garut Ajak Ratusan Guru dan Kepala Sekolah Berinovasi
Editor: Jajang Teras Garut —Minggu, 25 Agustus 2024 16:26 WIB

TERASJABAR.ID - Mahasiswa Pascasarjana Institut Pendidikan Indonesia (IPI) Garut menyelenggarakan seminar internasional, dan telah berhasil menyatukan para pendidik dari berbagai penjuru dunia. Dengan antusiasme yang luar biasa, hampir 600 guru dan kepala sekolah, baik secara daring maupun luring, turut serta dalam kegiatan akademik yang inspiratif ini.

Sabtu (24/8/2024) melalui WhatsApp, Wakil Ketua Webinar, Ade Yusup, S.Pd.I., Gr menyampaikan, seminar secara hybrid ini dibuka oleh Prof.Dr. Dr. H. Nizar Alam Hamdani, SE., M.M., MT., M.Si., M. Kom. (Rektor IPI Garut), dan diketahui oleh Dodi Herdiana, S.Pd., dengan dua tempat pelaksanaan berbeda yaitu di Gedung VIP IPI Garut dan MAN 3 Garut, serta Daring dari berbagai daerah.

Acara ini menghadirkan jajaran narasumber terkemuka, baik dari dalam maupun luar negeri, yang berbagi pengetahuan dan pengalaman terkini dalam dunia pendidikan yakni Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd.,M.Kom., MCE (Director Board of Orbicom Unesco, Direktur UPI Cibiru dan Ketua Prodi Tekpen IPI Garut); Prof. Dr. Uman Suherman, M.Pd (Guru Besar UPI Bidang Bimbingan Konseling); Prof. Dr. H. Ence Oos M. Anwas, MS (Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional); Prof. Dr. Dinn Wahyudin, M.A (Guru Besar UPI Bidang Ilmu Pengembangan Kurikulum); Prof. Dr. Rudi Susilana, M.Si.CIT (Guru Besar UPI Bidang Kurikulum dan Tekpen); Prof. Indriyani Rachman, Ph.D (Matsumoto Lab. Faculty of Environmental Engineering The University of Kitakyushu); Prof. Catherine Pascal (MICA Unesco Chair, Bordeaux University); dan Dr. Obed Kwabina (Lecturer Online-Ghana).

Salah satu tema utama yang dibahas dalam seminar ini adalah "The Role of Educational Technologists in the Era of Artificial Intelligence". Tema ini semakin relevan mengingat perkembangan pesat teknologi kecerdasan buatan (AI) yang telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan.

Para peserta disuguhi berbagai topik menarik yang relevan dengan tantangan serta peluang dalam dunia pendidikan saat ini, dan para narasumber membahas bagaimana teknologi AI dapat digunakan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pembelajaran. Mereka juga membahas tantangan-tantangan yang dihadapi oleh para pendidik dalam mengadopsi teknologi AI.

Keberhasilan seminar ini tidak lepas dari beberapa faktor penting diantaranya partisipasi aktif peserta, dengan antusiasme peserta menjadi kunci keberhasilan acara ini. Baik peserta daring maupun luring, semuanya aktif terlibat dalam setiap sesi. Selain itu dibawah bimbingan Ketua Prodi, Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd.,M.Kom., MCE yang sangat inten dan terjun langsung dilapangan.

Para narasumber berkualitas dengan kompeten dan berpengalaman berhasil memberikan materi yang inspiratif dan relevan, ditambah organisasi yang matang, tim panitia bekerja keras untuk memastikan kelancaran acara, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan.

Adapun dampak positif seminar ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan, terutama di Indonesia, antara lain meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pendidikan melalui materi yang disampaikan oleh para narasumber.

Seminar ini juga membuka wawasan para peserta tentang tren terbaru dalam dunia pendidikan, termasuk peran teknologi AI, dan mendorong inovasi, sehingga menginspirasi untuk menciptakan inovasi dalam pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi AI. Tak hanya itu, seminar ini menjadi ajang yang baik untuk membangun jaringan antar sesama pendidik.

"Seminar internasional yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Pascasarjana IPI Garut telah membuktikan bahwa semangat inovasi dan kolaborasi dalam dunia pendidikan sangat tinggi. Keberhasilan acara ini menjadi bukti bahwa para pendidik di Indonesia memiliki komitmen yang kuat untuk memberikan yang terbaik bagi peserta didiknya," tandas Ade.

Dalam seminar ini ada bonus Robot AI bagi sekolah dengan peserta terbanyak dan aktif bertanya yaitu Robot Asisten Virtual (RAV) untuk SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTs, MA, Universitas, dan SLB. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...