Korwil Samarang, Ucu : FTBI Memotivasi Siswa Mencintai Bahasanya Sendiri

Korwil Samarang, Ucu : FTBI Memotivasi Siswa Mencintai Bahasanya Sendiri
Drs. Ucu Slamet Juanda
Editor: Jajang Teras Garut —Rabu, 21 Agustus 2024 12:39 WIB

TERASJABAR.ID - Dalam upaya menyukseskan revitalisasi bahasa daerah, Koordinator Wilayah (Korwil) Bidang Pendidikan Kecamatan Samarang melaksanakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) pada Rabu, (21/8/2024).

Festival diikuti sebanyak 264 peserta dari 35 sekolah, untuk menjadi yang terbaik dari masing-masing tujuh mata lomba yaitu : (1). Ngadongéng (mendongeng); (2). Biantara (pidato); (3). Maca Sajak (membaca sajak); (4). Nembang/Pupuh (tembang tradisi); (5). Maca jeung Nulis Aksara Sunda (membaca dan menulis aksara daerah); (6). Ngarang Carita Pondok (menulis cerita pendek/cerpen); (7). Ngabodor Sorangan (komedi tunggal/stand up comedy).

Secara resmi, festival dibuka oleh Korwil, Drs. Ucu Slamet Juanda di Kompleks SDN 1, 3 Samarang, Jl. Raya Samarang No. 81, Kp. Baru RT 03 RW 07 Desa Samarang Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, sekaligus jadi tempat pelaksanaan festival, hanya lomba Nembang/Pupuh tempatnya di Gedung PGRI Cabang Samarang.

Festival ini sebagai upaya memperkuat sikap (karakter), memperluas pengetahuan (wawasan), serta melatih dan mengembangkan sikap positif siswa sekolah dasar terhadap bahasa daerah, sastra dan seni Sunda.

Korwil Ucu mengucapkan Alhamdulillah pihaknya bisa melaksanakan FTBI, dirinya memberikan apresiasi dan terima kasihnya pada para kepala sekolah yang telah mendukung Program Merdeka Belajar Episode ke-17 yang diluncurkan Mendikbudristek pada tanggal 22 Februari 2022.

"Alhamdulillah para kepala sekolah di Kecamatan Samarang telah berkomitmen untuk menjaga, melestarikan bahasa daerah, sastra dan seni Sunda," ucapnya.

Ia titip komitmen tersebut dijaganya selamanya, dengan mewajibkan semua sekolah menggunakan bahasa Sunda.

Pun demikian, dari seleksi ini pihaknya mengharapkan para juara yang betul-betul, khususnya juara 1 yang mampu membawa nama harum Kecamatan Samarang di tingkat kabupaten nanti, yang akan digelar pada tanggal 28 Agustus 2024 mendatang.

Hal itu diperkuat oleh pihak panitia yang meminta resume atau catatan kepada para juri, apa yang menjadi kelebihannya, untuk jadi wakil ke tingkat kabupaten.

Adapun juri atau yang memberikan penilaian pada FTBI tingkat kecamatan Semarang ini semuanya dari luar kecamatan, serta profesional di bidangnya masing-masing diantaranya dari TK, SD, SMP, SMA, SMK. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata FTBI kecamatan


Loading...