Annysha Nurfahni Salsabilla, Siswi SMKN 1 Garut Mewakili Jawa Barat FLS2N Tingkat Nasional

Annysha Nurfahni Salsabilla, Siswi SMKN 1 Garut Mewakili Jawa Barat FLS2N Tingkat Nasional
Annysha Nurfahni Salsabilla
Editor: Jajang Teras Garut —Minggu, 18 Agustus 2024 16:54 WIB

Annysha Nurfahni Salsabilla, Siswi Kelas XII MPL-2 SMKN 1 Garut, Juara 1 FLS2N Bidang Lomba Monolog Tingkat Provinsi Jawa Barat, dan menjadi Wakil Jawa Barat di Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan September 2024.

Usai pelaksanaan upacara pagi Senin (19/8/2024). Annysha mengungkapkan yang menjadi motivasi terbesar dalam meraih prestasi ini untuk meraih prestasi sebanyak-banyaknya agar dapat melanjutkan ke perkuliahan dengan jalur prestasi dan beasiswa tanpa membebankan orang tua.

Ia punya tips atau strategi yang digunakan untuk bisa berprestasi, kata Annysha, selagi masih muda, jangan takut mencoba, selagi sehat belajar dan coba hal-hal yang memberikan peluang prestasi.

Sedangkan cara mengatur waktu antara belajar, berorganisasi, dan aktivitas lainnya, kata Annysha, tentunya dengan menjadwalkan kegiatan, kapan waktu berlatih dan belajar, jikalau banyak dispensasi untuk perlombaan, ia gunakan sisa waktu yang ada untuk mencicil tugas belajar yang harus dikerjakan dengan meminta kesepakatan bersama guru Mapel yang bersangkutan mengenai tenggat tugas agar diberikan keringanan dengan catatan tetap harus mengumpulkan.

"Saya memiliki metode khusus dalam belajar agar lebih efektif, dalam seminggu berlatih bisa saja 3-4 hari, ada sisa waktu dua hari untuk menekuni pelajaran, dan sisa waktu istirahat luang lainnya yang bisa digunakan," terangnya.

Sedangkan tantangan yang pernah dihadapinya dalam perjalanan meraih prestasi ini adalah mengenai kesehatan dan kekuatan fisik, mental bertarung juga keseimbangan pembelajaran.

"Cara mengatasi, ya dengan beristirahat sejenak, jajan makanan yang bisa membuat mood saya naik kembali, atau bermain sejenak bersama temen-teman," ungkapnya.

Selain itu, peran keluarga, teman, atau guru dalam mendukung prestasi ini, sangat-sangat mendukung, dari mulai berproses dari awal kedua orang tuanya selalu menyempatkan hadir mendukungnya, tidak lupa juga guru pembimbing yang setia mendukung menemaninya juga kawan-kawannya sangat mengapresiasi segala proses dalam berprestasi.

Adapun sosok yang menginspirasinya dalam meraih prestasi ini, ucap Annysha, banyak sekali, utamanya ia pengguna tiktok, banyak video orang-orang yang meraih banyak prestasi dan beasiswa sampai cita-cita mereka tercapai dengan usahanya dan itu membuatnya termotivasi seperti mereka.

Ia punya cita-cita sebenarnya ingin menjadi usahawan muda di bidang kuliner karena hobinya memasak, disisi lain melihat dari bakat prestasinya sekarang di dunia seni juga membuatnya ada pemikiran untuk menjadi sastrawan/seniman.

"Saya harus memastikan dapat maju dan bersinar seperti INTAN, kedua orang tua saya, keluarga guru, teman dan semua orang yang mengenal saya akan bangga dengan pencapaian yang didapatkan dimasa depan nanti," harapnya.

Tentunya prestasi yang baru diraih sekarang, akan berhadapan langsung dengan 10 provinsi terpilih di tingkat Nasional pada bidang mata lomba Monolog, dan Annysha yakin akan menjadi pemenang 3 besar bahkan Juara 1 Nasional Monolog.

Adapun pelajaran terbesar yang didapat dari pengalaman berprestasi ini, kata Annysha, jangan menjadi orang yang nyaman dengan diam, jangan menyia-nyiakan kesempatan, jangan takut mencoba, bagaimana menyingkirkan rasa malas dan tentang pentingnya bersyukur.

Sebenarnya ia ingin memotivasi teman-temannya agar semangat berprestasi, dengan mengajaknya untuk melihat dan menonton dirinya berproses dalam lomba, mungkin dapat membuat mereka untuk meraih prestasi lewat bakat dan kemauannya masing-masing.

"Saya ingin memberikan pencerahan bagaimana nantinya kalau mereka bisa ikut berprestasi juga, bukan hanya dia yang bangga banyak pihak yang ikut bangga juga nantinya," ujarnya.

Ia berpesan, jangan nyaman dengan ketidaknyamanan, jangan hanya diam manfaatkan kesempatan, jangan takut mencoba dan pertajam segala kekuatan yang ada dalam diri agar menghasilkan sebuah prestasi yang membanggakan.

Sementara itu, Wakasek Kesiswaan, Nurdin Ruslih, S.T., M.Pd., berharap Annysha di tingkat nasional memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Garut dan Jawa Barat.

"Kami mohon doanya dari seluruh masyarakat Kabupaten Garut dan seluruh warga Jawa Barat untuk keberhasilan Annysha," tandasnya. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata Berprestasi


Loading...