Kabupaten Garut Kedatangan Aliansi Lintas Negara, Membahas PKRS Bersama YGSI dan Semak Bandung

Kabupaten Garut Kedatangan Aliansi Lintas Negara, Membahas PKRS Bersama YGSI dan Semak Bandung
Editor: Jajang Teras Garut —Rabu, 14 Agustus 2024 19:38 WIB

TERASJABAR.ID - Yayasan Gemilang Sehat Indonesia (YGSI) bersama Yayasan Sekretariat Masyarakat Anak (Semak) Bandung melakukan Sinergi Lintas Negara Indonesia-Ethiopia Menuju Perubahan Berkesinambungan (PTY) di Kabupaten Garut pada Rabu (14/8/2024).

Kedatangan aliansi dari Indonesia, Ethiopia, Ghana, Kenya, Malawi, Senegal, Uganda, Afrika Selatan, dan Belanda disambut oleh Bintang Sobat SMP 2024, Qasif Haziq Dhiyaulhaq (siswa SMPN 1 Garut), dan pemasangan sal batik garutan oleh salah satu penyambutan kepada salah satu perwakilan, dan dilanjutkan menuju tempat diskusi.

Sebelum diskusi mereka disuguhi dengan tarian Sunda, dan mereka pun mengabadikannya dengan ponselnya masing-masing

Diskusi dengan Forum Anak Desa jadi awal pertemuannya, dan dalam diskusi ini ada presentasi tentang bagaimana mereka melakukan implementasi berupa advokasi, kampanye, dll., serta interaktif narasumber dan peserta dilangsungkan di Astro Cimaragas - Jl. Garut - Tasikmalaya No. 337, Ngamplangsari, Kec. Cilawu, Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Rabu (14/8/2024).

Dalam diskusi ini menghadirkan narasumber dari Yayasan Gemilang Sehat Indonesia (YGSI), PTY, Semak, dan forum remaja Garut, usai diskusi dilanjutkan makan siang.

Setelah itu, mereka melanjutkan diskusi interaktif dengan Rapat Pemangku Kepentingan Pemerintah Kabupaten tentang Implementasi CSE di Aula DPPKBPPPA - Sukagalih, Kec. Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Terakhir diskusi dengan Pejabat Bupati Garut dan Forum Anak Desa di Gedung Pendopo Garut, Jl. Kiansantang No. 2, Regol, Kec. Garut Kota, Kabupaten Garut.

Power to You(th) merupakan program lima tahunan yang didedikasikan untuk memberdayakan remaja perempuan dan perempuan muda dari komunitas. Program ini bertujuan mendorong partisipasi bermakna dari orang muda dalam pengambilan keputusan terkait praktik berbahaya, seperti Perkawinan Anak, Kekerasan Berbasis Gender dan Seksual (KBGS) serta kehamilan yang tidak diinginkan.

Power to You(th) berkomitmen untuk mengumpulkan dukungan publik, mendorong kebijakan dan undang-undang yang lebih baik, serta memperkuat suara anak muda untuk memperluas ruang sipil mereka.

Kegiatan ini adalah pertemuan perwakilan dari Ethiopia dan Indonesia untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman, khususnya dalam hal pemberdayaan remaja perempuan serta perempuan muda. Pertukaran ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antarnegara dalam aliansi Power to You(th) serta mendorong adopsi inovasi baru.

Menanggapi hal tersebut, Dinas Pendidikan Kabupaten Garut melalui Bidang SMP merasa bangga dan besar hati, bahwa pelaksanaan PKRS (Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksual) yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan Kabupaten Garut khususnya SMP, yang saat ini mendapatkan kunjungan dari beberapa negara.

"Kami merasa bangga, karena ini merupakan salah satu awal keberhasilan dalam pencegahan dan penanganan kekerasan di Kabupaten Garut, khususnya dalam menyadarkan para peserta didik di satuan pendidikan SMP, bagaimana dia bisa memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari pergaulan-pergaulan yang menimbulkan resiko," ungkap Dr. Ajang Rusmana, M.Pd., (Kasi Kurikulum Bidang SMP) melalui voicenote WhatsApp.

Menurutnya, kegiatan ini akan banyak manfaatnya dan memacu serta memotivasi, terus beraksi sehingga nilai-nilai menjaga kesehatan reproduksi ini akan terus berlanjut. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...