FTBI Tingkat Kecamatan, Korwil Garut Kota Mengajak Melestarikan Bahasa Daerah, Sastra dan Seni Sunda

FTBI Tingkat Kecamatan, Korwil Garut Kota Mengajak Melestarikan Bahasa Daerah, Sastra dan Seni Sunda
Drs. H. Jujun Junaedi, M.Pd., membuka seleksi Bahasa Ibu pada Senin (12/8/2024).
Editor: Jajang Teras Garut —Senin, 12 Agustus 2024 13:53 WIB

TERASJABAR.ID - Sebanyak 358 murid SD di Lingkungan Korwil Bidang Pendidikan Kecamatan Garut Kota mengikuti Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) di kompleks SDN 1, 2 Kota Kulon, Jl. Ciledug No. 213, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Bara pada Senin (12/8/2024).

Secara resmi, Drs. H. Jujun Junaedi, M.Pd., selaku Korwil membuka seleksi Bahasa Ibu tingkat kecamatan ini, dengan disaksikan oleh Ketua PGRI Cabang, para pengawas, Ketua K2S beserta jajarannya, Ketua MGMP Bahasa Sunda Kabupaten Garut, para juri, para kepala sekolah beserta guru pembimbingnya masingmasing, dan beberapa para orang tua.

Jujun mengatakan, FTBI ini merupakan salah satu bentuk mengevaluasi terhadap kegiatan pembelajaran bahasa Sastra Sunda di satuan pendidikan masing-masing, mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik.

Selain itu, memberikan dampak positif kepada generasi muda, karena pada zaman sekarang anak-anak kurang begitu menyukai pelajaran bahasa Sunda.

Padahal, terang Jujun, bahasa daerah ini (Sunda) perlu dipertahankan, dilestarikan oleh semuanya. Karena bisa memperkuat sikap karakter, menambah wawasan.

"Budaya Sunda itu terkenal dengan adat ketimuran, sangat terkenal se-Indonesia, semoga melalui FTBI ini bisa memperkuat terhadap karakter, anak-anak lebih mencintai bahasanya sendiri," tandasnya. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...