SDN 4 Pataruman, Finalis 20 Sekolah Sehat Nasional dari 991 Peserta se-Indonesia

SDN 4 Pataruman, Finalis 20 Sekolah Sehat Nasional dari 991 Peserta se-Indonesia
Kepala SDN 4 Pataruman, Ariana, S.Pd., foto bersama Dirjen PAUD Dikdasmen, Iwan Syahril.
Editor: Jajang Teras Garut —Minggu, 11 Agustus 2024 19:44 WIB

TERASJABAR.ID - "Tahun ini tahun kedua kita ikutan lomba gala kreasi video sekolah sehat. Tahun lalu belum lolos, tahun ini kita persiapan lebih baik. Buat tim, buat konsep yang jelas, pemilihan talent, dan yang paling penting videonya berdasarkan progress yang sudah dilakukan, jadi lebih mudah menceritakan dalam video".

Ungkap Ariana, S.Pd., selaku Kepala SDN 4 Pataruman, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang menyampaikannya melalui WhatsApp pada Minggu (11/8/2024), bahwa sekolah yang dipimpinnya jadi finalis 20 besar gala kreasi video sekolah sehat nasional (SSN) dari 991 peserta sekolah dasar se-Indonesia.

"Tahun lalu proses kampanye sekolah sehat ada sehat bergizi, sehat fisik dan sehat imunisasi. Tahun ini jadi Gerakan Sekolah Sehat dengan 5S, yaitu ada penambahan sehat jiwa dan sehat lingkungan," ungkapnya.

Menurutnya, video merupakan representasi singkat yang menceritakan kondisi dan konsistensi program sekolah.
SK sebagai sekolah Kabupaten Sehat tahun 2023 tidak menjadi beban namun menjadi tujuan yang jelas dalam branding sekolah.

"Kerja tim adalah kekuatan pendukung dimana sekolah sudah memiliki tim Adiwiyata dan tim Gerakan Sekolah Sehat yang saling mendukung," ujarnya.

Dalam kegiatan nominasi di Jakarta, 9-12 Agustus 2024 selain kebanggaan tersendiri tapi juga menjadi proses lebih memahami bagaimana video itu dibuat agar lebih baik dan berefleksi apa yang harus lebih baik lagi sebagai persiapan kegiatan yang sama di tahun depan.

"Tidak euforia dengan hasil hari ini namun motivasi untuk lebih baik. Kerja keras dan proses yang bertumbuh akan bertemu dengan hasil yang indah pada waktunya. Filosofis ini yang menjadi tahun 2024/2025 SDN 4 Pataruman aunching dengan branding baru METAMORFOSA keberlanjutan dari SIAP Beraksi di 2 tahun sebelumnya," tandasnya.

Video tersebut dari awal Mei sampai Juni terus ada perpanjangan sampai 12 Juni. Total peserta semua jenjang 3.000 lebih, dari SD 991 sekolah. ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...