Profesor Kyoto Prefectural University Of Medicine, Jepang Membersamai 36 Guru SLB Se-Kabupaten Garut Dalam Program Lesson Study 2024 di SLB Al Mashduqi Garut

Profesor Kyoto Prefectural University Of Medicine, Jepang Membersamai 36 Guru SLB Se-Kabupaten Garut Dalam Program Lesson Study 2024 di SLB Al Mashduqi Garut
Editor: Jajang Teras Garut —Jumat, 9 Agustus 2024 08:42 WIB

TERASJABAR.ID - Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung bersama Pengurus Cabang Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia (IGPKhI) Kabupaten Garut menyelenggarakan Program Lesson Study 2024 pada hari Kamis 8 Agustus 2024 di Auditorium Drs. H. Dede Satibi SLB Al Mashduqi Garut, diikuti oleh 36 Guru SLB perwakilan dari 26 Sekolah Luar Biasa (SLB) Se-Kabupaten Garut, dengan menghadirkan narasumber Prof. Masataka Kizuka dari Kyoto Prefectural University Of Medicine, Jepang.

Program Lesson Study 2024 ini merupakan salah satu implemenasi dari kerjasama pengembangan sumber daya manusia, dalam hal ini untuk para Guru di Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Garut, melalui Continuing Professional Development (CPD) Program atau dikenal dengan Program Pengembangan Profesional Berkelanjutan, antara Pengurus Cabang Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia (IGPKhI) Kabupaten Garut bersama Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, dimana dalam program ini guru-guru dilatih bekerja sama dengan pendekatan kolaboratif untuk merancang, mengamati, dan memperbaiki pelajaran mereka secara bersama-sama.

Dalam sambutan pembukaan program ini, Dr. dr. Riksma Nurahmi Rinalti Akhlan, M.Pd., Ketua Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, menyampaikan, “Kegiatan Lesson Study di Kabupaten Garut terbagi menjadi 3 rangkaian, Pre-Lesson Study, selanjutnya Lesson Study dengan narasumber Prof. Masataka dan terakhir Pasca Lesson Study, merupakan kegiatan yang paling penting untuk memastikan keberlanjutan program ini dapat terlaksana dengan baik dan berkelanjutan dan dipantau secara terstruktur dengan baik pula. Kegiatan Lesson Study 2024 di Kabupaten Garut ini, dikoordinasikan oleh Pengurus Cabang Ikatan Guru Pendidikan Khusus Indonesia (IGPKhI) Kabupaten Garut dan diselenggarakan di SLB Al Mashduqi Garut dengan Guru Model dari SLB Al Mashduqi Garut. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang luar biasa bagus, karena biasanya Lesson Study hanya dilaksanakan oleh satu sekolah saja, semoga keberlanjutan dari kegiatan hari ini bisa kita rasakan manfaatnya dengan baik dan dapat meningkatkan kompetensi guru seperti yang kita harapkan.”

Rahmat Sutiawan, S.S. Ketua Pengurus Cabang IGPKhI Kabupaten Garut menyampaikan, “Program Lesson Study tahun ini lebih berkesan dan lebih baik dari penyelenggaraan sebelumnya, selain para peserta begitu semangat dan antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut sampai akhir, juga ditunjang oleh beberapa kali evaluasi oleh Bidang DIKLAT IGPKhI Kabupaten Garut dan disupport penuh oleh MKKS SLB Kabupaten Garut serta para Ketua Korwil dan Kepala Sekolah SLB di Kabupaten Garut, juga atas kerjasama yang baik dengan pihak Program Studi Pendidikan Khusus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, sehingga rangkaian kegiatannya lebih teratur dan lebih baik”.

Salah seorang perwakilan peserta menyampaikan rasa syukurnya dapat mengikuti program Lesson Study pada tahun ini, “Alhamadulillah banyak menambah insight baru, khususnya buat saya pribadi sebagai Guru SLB setelah mengikuti lesson study pada hari ini. Pentingnya well prepared sebelum kegiatan belajar mengajar. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah refleksi diri agar terus belajar, menambah dan meningkatkan kompentensi, karena kita sebagai Guru sudah barang tentu tidak akan pernah selesai menjadi seorang pembelajar.”

Di akhir acara, Dikeu Meilita Hapsari, S.Pd. selaku Kepala SLB Al Mashduqi Garut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Ketua PC. IGPKhI Kabupaten Garut yang telah memberikan kepercayaan kepada SLB Al Mashduqi Garut bukan hanya sebagai tempat pelaksanaan program Lesson Study 2024 ini akan tetapi juga diberikan kepercayaan untuk menjadi guru model dalam kegiatan ini. “Lesson study yang pernah saya ikuti sebelumnya merupakan kegiatan yang dilakukan secara seremonial saja, dan dilaksanakan hanya satu kali dalam satu tahun. Untuk kegiatan tahun ini dilaksanakan secara berbeda karena ada 3 rangkaian, yaitu Pre Lesson Study, Lesson Study dan Pasca Lesson Study. Puncak kegiatannya adalah Lesson Study yang dilaksanakan di SLB Al Mashduqi Garut dengan Guru Model dari SLB Al Mashduqi Garut, ini merupakan kesempatan dan kepercayaan yang luar biasa dari Ketua PC. IGPKhI Kabupaten Garut, semoga apa yang di observasi pada kegiatan guru model hari ini bisa menjadi manfaat dan dapat diimbaskan oleh peserta sebagai perwakilan guru dari tiap sekolahnya masing-masing.” ***Jajang Sukmana

Kabar Wiyata


Loading...