Satgas Stunting DP2KBP3A TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Berikan Penyuluhan Stunting

Satgas Stunting DP2KBP3A TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut Berikan Penyuluhan Stunting
Editor: Jajang Teras Garut —Sabtu, 18 Mei 2024 16:17 WIB

TERASJABAR.ID - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Garut menjadi pemateri pada kegiatan penyuluhan kesehatan TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut TA 2024. Kegiatan dilaksanakan di aula Desa Cintadamai, Kecamatan Sukaresmi, Garut, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2024).

Turut hadir Kepala Desa Cintadamai Undang, Satgas TMMD Serka Agus, Ketua PKK Dewi Yulianti, dan Satgas stunting DP2KBP3A Cepi dan Bpk. Deni T. S.Ag

Satgas Stunting DP2KBP3A Garut Bpk. Cepi F. S.ip mengatakan, harus mengetahui dulu Apa itu Stunting? Stunting adalah kondisi yang ditandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak-anak seusianya.

Sederhananya, imbuhnya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak. Penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak.

"Nah penyuluhan tentang Stunting ini sangat penting, mencegah lebih baik daripada mengobati,"ungkapnya.

Lebih lanjut kata bpk Cepi F. S.ip, penyebab utama stunting adalah malnutrisi dalam jangka panjang (kronis). Kekurangan asupan gizi ini bisa terjadi sejak bayi masih di dalam kandungan karena ibu tidak mencukupi kebutuhan nutrisi selama kehamilan.

"Jadi sejak kehamilan kandungan nutrisi nya harus terpenuhi, Ya itu tadi penyebab stunting adalah mal nutrisi, kekurangan asupan gizi sejak masa kelahiran atau sejak bayi,"ujarnya.

Pencegahannya, jelas Cepi, memastikan anak makan buah dan sayur yang sehat. Mencukupi asupan gizi sejak pembuahan sel telur hingga anak berusia 2 tahun. Memberikan ASI eksklusif hingga bayi berumur 6 bulan.

"Pola hidup diatas salah satu untuk mencegah stunting pada anak,"jelasnya.

Ia berharap apa yang telah diberikan pada penyuluhan program TMMD ke 120 Kodim 0611/Garut ini bisa bermanfaat khususnya untuk masyarakat Desa Cintadamai.

"Kita sampaikan ucapan terima kasih kepada program TMMD ini, mudah-mudahan apa yang telah diberikan mengenai stunting ini bisa bermanfaat sehingga penyebab stunting ini dapat teratasi dan anak tumbuh dengan sehat," pungkasnya. ***Jajang Sukmana

TMMD ke-120 Kodim 0611/Garut


Loading...