Apple Pertimbangkan Bangun Pabrik di Indonesia, Harga iPhone dan iPad Dapat Lebih Murah ?!

Apple Pertimbangkan Bangun Pabrik di Indonesia, Harga iPhone dan iPad Dapat Lebih Murah ?!
Ilustrasi (Selular.ID : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Rabu, 17 April 2024 15:01 WIB

Terasjabar.id - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan Chief Executive Officer (CEO) Apple Tim Cook akan membangun pabriknya di Indonesia. Hal ini memberi dampak positif karena harga iphone dan ipad bisa murah.

Tim Cook sangat senang datang ke Indonesia karena adanya potensi yang luar biasa dan dukungan untuk membuka pabrik di sini. Sehingga harga Apple dapat lebih murah.

"Membangun atau mengadakan proses manufaktur di sini mereka positif nanti detailnya ditindaklanjuti. Kita impor 2,8 juta HP di tahun 2023, di mana 85% nya Apple berarti kan hampir 2 juta lebih ya. Kita impor langsung Apple. Kalau dengan angka segitu, masa iya gak mau bangun pabrik di Indonesia. Ya, ujung-ujungnya Apple bisa lebih murah," tuturnya.


Sementara itu, Tim Cook bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta. Selama 1 jam bertemu, keduanya menyepakati beberapa hal penting, salah satunya peningkatan kerjasama dalam global supply chain industri teknologi.

"Karena ada 360 komponen HP apple itu cuma dibuat di indonesia dibanding Vietnam 72 komponen. Presiden minta apple meningkatkan peran Indonesia dalam global supply chain menurut data Kemenperin, Indonesia mengimpor USD2 milliar Apple. Kta berharap pertemuan ini memberikan optimisme Indonesia dilihat dunia, ASEAN ini market besar 600 juta penduduknya, 45% Indonesia ini pasar menjanjikan," katanya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengajak CEO Apple untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan Smart City di Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Tadi Pak presdien mengajak Apple ke Tim Cook berpartisipasi dalam pengembangan smart city di IKN jadi salah satunya itu termasuk kemungkinan proses manufakturing Apple dilakukan di Indonesia,"ucapnya.


Disadur dari Okezone.com 

Menkominfo CEO Pabrik Indonesia Tim Cook Apple Presiden Jokowi


Loading...