Berikut Tips Mudik Anti Mabuk

Berikut Tips Mudik Anti Mabuk
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 8 April 2024 09:36 WIB

Terasjabar.id -- TIPS mudik anti mabuk sangat menarik untuk disimak. Pasalnya tidak sedikit orang yang mengalami mabuk perjalanan, mengingat rute mudik sendiri biasanya terbilang jauh.

Tak pandang moda transportasi yang digunakan, baik darat, laut, maupun udara semuanya berisiko membuat mabuk perjalanan. Gejalanya sendiri bisa mual, muntah, pusing, hingga sesak nafas. Nah agar mudik tidak disertai dengan masalah mabuk perjalanan, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

Berikut ini adalah paparannya, melansir berbagai sumber, Senin (8/4/2024).

1. Jangan biarkan perut kosong

Cara pertama agar tidak mengalami mabuk perjalanan adalah jangan biarkan perut kosong. Sebelum berangkat, pastikan sudah mengkonsumsi cukup makanan.

Tapi perlu diingat, jangan mengonsumsi makanan berat yang mengenyangkan. Pasalnya jika kondisi kenyang perut akan terguncang-guncang dan menyebabkan mual.

2. Jangan main hp saat perjalanan

Bermain hp saat perjalanan berpotensi besar membuat pusing, mual bahkan muntah. Hal ini disebabkan lantaran terjadinya ketidakselarasan fokus antara mata dan telinga.

Oleh karena itu dalam perjalanan pastikan jangan bermain hp. Untuk menghilangkan gabut bisa mendengarkan musik atau ngobrol dengan orang terdekat.

4. Tentukan posisi duduk yang tepat

Posisi duduk yang tepat menjadi salah satu kunci terhindar dari mabuk perjalanan. Hindari duduk menghadap ke belakang atau samping karena ini dapat memperparah mabuk perjalanan. Pastikan duduk menghadap ke depan. Pasalnya, posisi ini akan mengurangi sensasi guncangan akibat gerakan kendaraan.

5. Istirahat yang cukup

Kondisi tubuh yang lelah tentu dapat mengakibatkan tubuh tidak fit dan pada akhirnya membuat mabuk perjalanan. Pastikan cukup istirahat sebelum melakukan perjalanan.

6. Minum obat anti mabuk perjalanan

Tips lainnya agar tidak mabuk perjalanan adalah dengan minum obat anti mabuk perjalanan. Minum obat seperti dimenhydrinate atau scopolamine, namun perlu diingat bahwa dosisnya harus sesuai anjuran dokter.

Disadur dari Okezone.com 

Anti Mabuk Mudik Lebaran Pulang Kampung Kendaraan


Loading...