Asal Mula Flu Singapura, Ternyata Bukan Berasal Dari Singapur, Lantas ?

Asal Mula Flu Singapura, Ternyata Bukan Berasal Dari Singapur, Lantas ?
HonestDocs
Editor: Malda Hot News —Rabu, 3 April 2024 09:24 WIB

Terasjabar.id - Dalam beberapa waktu terakhir penyakit Flu Singapura atau Hand, Foot, and Mouth Disease (HMFD) tengah menjadi sorotan. Rupanya terdapat salah kaprah soal asal usul penyakit yang banyak dialami oleh anak-anak dan balita ini.
Spesialis anak konsultan infeksi Prof Dr dr Edi Hartoyo, SpA(K) menuturkan bahwa penyakit HMFD sebenarnya tidak berasal dari Singapura. Namun, karena Singapura pernah memiliki riwayat kasus yang tinggi dan adanya kasus kematian, nama 'Flu Singapura' akhirnya melekat.

"Flu Singapura ini sebenarnya istilahnya salah karena asalnya bukan dari Singapura. Tetapi memang pernah riwayatnya tahun 2000 dan 2006 itu Singapura banyak kejadian kasus ini dan ada yang meninggal. Akhirnya terkenalnya Flu Singapura," ucap Prof Edi dalam konferensi pers Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Selasa (2/4/2024).

Flu Singapura lebih tepat disebut sebagai penyakit tangan, kaki, dan mulut karena gejala khas yang ditimbulkan berupa munculnya lesi di mulut, telapak kaki, dan telapak tangan. Prof Edi menuturkan sebenarnya penyakit ini pertama kali ditemukan di Toronto, Kanada, pada tahun 1957.

"Pertama kali dikenal pada tahun 1957 sedangkan pada kasus yang merebak di Singapura itu 2000 dan 2006, artinya dulu sebenarnya dari Toronto," ungkapnya.

Berkaitan dengan penyakit ini, Prof Edi menuturkan HMFD disebabkan oleh Coxsackie virus A16 dan Enterovirus 71. Penyakit ini umumnya dialami oleh anak-anak dan sangat jarang menyerang orang dewasa.

Penularan HMFD sangat mirip dengan COVID-19. Penyakit ini dapat menular melalui kontak langsung, maupun tidak langsung.

"Penularannya yang pertama bisa kontak langsung dari sumber droplet misalnya kita batuk, bersin, bisa juga lewat fekal oral. Air liur, feses, cairan vesikel atau sekret, hampir sama dengan COVID-19," ujar Prof Edi.

"Kemudian penularan kontak tidak langsung misalnya pada saat menggunakan handuk bersamaan di mana anak ini pernah terkena Flu Singapura kemudian baju, perlengkapan makan, mainan anak juga bisa kena artinya sangat mudah menular," tandasnya.

Baca artikel detikHealth, "Salah Kaprah Asal Usul Flu Singapura, Ternyata Awalnya Ditemukan di Negara Ini" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7275259/salah-kaprah-asal-usul-flu-singapura-ternyata-awalnya-ditemukan-di-negara-ini.


Asal Mula Flu Singapura Ternyata Bukan Berasal Dari Singapur


Loading...