PB ESI dan Akademi GarudaKu buka peluang kerja sama esports dengan pemerintah Amerika Serikat

PB ESI dan Akademi GarudaKu buka peluang kerja sama esports dengan pemerintah Amerika Serikat
garudaku
Editor: Admin Teras Techno —Kamis, 28 Maret 2024 10:08 WIB

Terasjabar.id- Akademi resmi Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Akademi GarudaKu mendapatkan kesempatan istimewa berpartisipasi dalam Sports Visitor Program 2024.

Sports Visitor Program 2024 adalah program pertukaran yang diselenggarakan The US Department of State dan North America Scholastic Esports Federation sebagai mitra pelaksana, melibatkan kedutaan besar dan konsulat Amerika Serikat di seluruh dunia.

Undangan khusus berpartisipasi pada Sports Visitor Program 2024 dari The US Department of State kepada Akademi GarudaKu bertujuan untuk saling bertukar pengalaman dan pengetahuan tentang program pembinaan talenta esports secara strategis dan komprehensif.

Selama berpartisipasi pada Sports Visitor Program 2024, Akademi GarudaKu juga mendapat kesempatan untuk mengetahui pengetahuan tepat guna mengenai manajemen industri olahraga seperti pengelolaan penyelenggaraan kompetisi olahraga, pengembangan keterampilan, kepemimpinan, keterlibatan komunitas dalam pengembangan industri, dan peningkatan inklusivitas dalam industri.

PB ESI melalui Akademi GarudaKu menyambut baik program Sports Visitor Program 2024, kerja sama pengembangan potensi esports di Indonesia

Akademi GarudaKu, Esports
Kredit: GarudaKu

Ketua Harian PB ESI, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H, M.Hum, melihat program ini sebagai bentuk kerja sama yang positif bagi pengembangan kompetensi esports di masing-masing negara.

Bagi PB ESI, pengembangan kompetensi talenta esports, termasuk dari kalangan dunia pendidikan atau masyarakat umum yang berada di seluruh penjuru tanah air, merupakan bagian kritikal dan terintegrasi dalam desain besar esports nasional yang bermuara pada keberadaan Indonesia sebagai salah satu kekuatan utama esports di kancah internasional.

“PB ESI terus berkomitmen untuk meningkatkan kompetensi esports Indonesia melalui pendekatan strategis, salah satunya adalah sinergi dengan ekosistem pendidikan yang kami yakini mampu mencetak talenta-talenta esports yang tidak hanya piawai dalam berkompetisi esports, namun juga cerdas, memiliki wawasan yang luas, dan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan esports Tanah Air sesuai dengan talenta masing-masing,” ujar Bambang Sunarwibowo.


Mewakili pemerintah Amerika Serikat, US Consulate Public Affairs Officer, Joshua Shen meyakini bahwa Sports Visitor Program 2024 dapat menjadikan Indonesia sebagai sentra esports dunia dalam hal pengembangan talenta-talenta muda.

“Esports dapat mempertemukan generasi muda dari berbagai wilayah untuk berkompetisi dengan menjunjung sportivitas tinggi. Kami meyakini bahwa esports dapat memberikan kontribusi bagi ekonomi kreatif Indonesia,” tutur Joshua Shen.

Kepala Akademi GarudaKu, Robertus Aditya Pratomo Putro S.Sos, M.H., M.Ikom., C.Ht, memberi apresiasi kepada pemerintah Amerika Serikat terkait dengan partisipasi Akademi GarudaKu dan peluang pengembangan kerja sama di masa mendatang.

“Kami mendapatkan banyak pengetahuan baru dari Sports Visitor Program 2024. Kunjungan ke universitas dan stadion ternama di Amerika Serikat, serta 15 kelas diskusi yang kami ikuti mengenai pengelolaan kompetisi olahraga serta peningkatan inklusivitas dalam industri olahraga, sangat bermanfaat dan memperkaya wawasan kami dalam pengembangan talenta esports Tanah Air,” tutur Robertus Aditya.

Akademi GarudaKu, Esports

Kredit: GarudaKu

“Harapan kami, Sports Visitor Program 2024 menjadi awal bagi Indonesia dan Amerika Serikat untuk berkolaborasi lebih lanjut dalam pengembangan talenta-talenta esports di Indonesia,” pungkasnya.

Program kolaborasi antara Indonesia dengan Amerika Serikat akan diawali dengan program pengembangan esports di 9 American Corner di Indonesia. Ke depan, program tersebut akan diupayakan untuk diimplementasikan dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Harapannya, peserta yang mengikuti program tersebut dapat ikut serta di Liga Esports Nasional Mahasiswa 2024 yang rencananya akan berlangsung pada Maret hingga Mei 2024.

Disadur dari oneesports.com

Esports PBSI


Loading...