Berikut Beberapa Alasan Kenapa Kimchi Bisa Bantu Bikin Kulit Sehat

Berikut Beberapa Alasan Kenapa Kimchi Bisa Bantu Bikin Kulit Sehat
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Selasa, 26 Maret 2024 10:56 WIB

Terasjabar.id -- PENCINTA makanan atau pun penggemar budaya Korea, pasti sudah sangat familiar dengan kimchi. Ya, kimchi bisa dibilang memang jadi salah satu makanan khas Korea yang terpopuler di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Sayuran fermentasi satu ini selalu hadir di setiap hidangan atau piring makan orang Korea. Bagi yang belum familiar, kimchi adalah makanan fermentasi yang terbuat dari sawai putih dan berbagai bumbu seperti gula, garam, bawang merah, bawang putih, jahe, dan bubuk cabai.

Menariknya, selain enak sebagaimana dijelaskan oleh ahli Dermatologi Kosmetik dan dokter Klinik Citrine, Dr. Niti Gaur, MD, kimchi diketahui dapat memberikan beberapa manfaat bagi kulit loh! Tidak heran jika rata-rata masyarakat Korea punya kulit wajah yang bersih, bebas jerawat, halus, dan terhidrasi dengan baik.

Melansir dari NDTV Food, Selasa (26/3/2024) berikut adalah beberapa kandungan dalam kimchi yang memiliki manfaat untuk kesehatan kulit.

1. Probiotik: Kimchi mengandung banyak probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu menjaga kesehatan usus. Keseimbangan mikrobioma usus, terbukti berperan penting dalam kesehatan kulit. Probiotik membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mengatasi jerawat serta memperbaiki kondisi eksim.

2. Antioksidan: Contohnya seperti vitamin A dan C yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, polusi, dan sinar UV. Antioksidan yang terkandung dalam kimchi, bisa membantu membuat kulit tampak lebih sehat bersinar.

3. Anti peradangan: Proses fermentasi kimchi menghasilkan senyawa bioaktif seperti flavonoid dan asam fenolik. Senyawa-senyawa inilah yang bersifat anti inflamasi. Peradangan merupakan penyebab umum timbulnya jerawat, rosacea, dan penuaan dini. Mengonsumsi kimchi, membantu mengendalikan respons peradangan kulit.

4. Kandungan vitamin dan mineral: Kimchi sarat nutrisi seperti vitamin A, C, dan K, serta mineral seperti kalsium dan zat besi. Nutrisi ini penting untuk kesehatan kulit, sebab nutrisi inilah yang akan membantu dalam produksi kolagen, proses penyembuhan luka, dan menjaga keutuhan kulit secara keseluruhan.

Disadur dari Okezone.com 

Makanan Makanan Khas Korea Kimchi


Loading...