Kondisi Pria AS Setelah Dapatkan Cangkok Ginjal Babi Pertama di Dunia

Kondisi Pria AS Setelah Dapatkan Cangkok Ginjal Babi Pertama di Dunia
Keprinow
Editor: Malda Hot News —Minggu, 24 Maret 2024 09:42 WIB

Terasjabar.id - Seorang pria di Amerika Serikat menjadi orang pertama di dunia yang menjadi penerima cangkok ginjal babi pada pasien hidup. Terobosan medis itu dilakukan oleh peneliti di Massachusetts General Hospital.
Dikutip dari laman resmi rumah sakit tersebut, Rick Slayman (62) menjalani cangkok ginjal babi karena penyakit gagal ginjal stadium akhir yang diidapnya. Operasi transplantasi tersebut dilakukan selama kurang lebih empat jam pada 16 Maret 2024.

Slayman disebut telah menjadi pasien program transplantasi di rumah sakit tersebut selama 11 tahun. Dia sebelumnya menerima ginjal dari donor manusia pada 2018.

Hanya saja ginjal tersebut mulai menunjukkan tanda-tanda kegagalan lima tahun kemudian sehingga Slayman harus kembali menjalani cuci darah di tahun 2023. ketika tahun lalu dia didiagnosa mengidap penyakit ginjal stadium akhir, dokter menyarankan agar dia mencoba ginjal babi.

"Saya melihatnya bukan hanya sebagai cara untuk membantu saya, tapi cara untuk memberikan harapan bagi ribuan orang yang membutuhkan transplantasi untuk bertahan hidup," kata Slayman dalam pernyataannya.

"Tim Pusat Transplantasi menyarankan transplantasi ginjal babi, dengan hati-hati menjelaskan pro dan kontra dari prosedur ini. Saya melihatnya bukan hanya sebagai cara untuk membantu saya, namun juga sebagai cara untuk memberikan harapan bagi ribuan orang yang membutuhkan transplantasi untuk bertahan hidup," ujarnya lagi.

Direktur Pusat Toleranso Transplantasi Klinis Legorreta dan ahli bedah yang melakukan operasi tersebut, Tatsuo Kawai mengatakan organ babi yang ditransplantasikan tersebut memiliki ukuran yang sama persis dengan ginjal manusia.

"Harapan kami adalah pendekatan transplantasi ini akan memberikan bantuan kepada jutaan pasien di seluruh dunia yang menderita gagal ginjal," kata Kawai.

Pihak rumah sakit menyebut Slayman saat ini menjalani pemulihan yang baik dan akan segera menjalani rawat jalan setelah operasi transplantasinya tersebut.

Baca artikel detikHealth, "Cerita Pria AS Penerima Cangkok Ginjal Babi Pertama di Dunia, Begini Kondisinya" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7258435/cerita-pria-as-penerima-cangkok-ginjal-babi-pertama-di-dunia-begini-kondisinya.


Kondisi Pria AS Setelah Dapatkan Cangkok Ginjal Babi Pertama di Dunia


Loading...