Harga Emas Spot di Level US$2.157,78 Rabu (20/3), Jelang Keputusan The Fed

Harga Emas Spot di Level US$2.157,78 Rabu (20/3), Jelang Keputusan The Fed
tirto.id
Editor: Admin Teras Bisnis —Kamis, 21 Maret 2024 09:39 WIB

Terasjabar - Harga emas terjebak dalam kisaran yang ketat pada hari Rabu (20/3). Para pedagang bersiap untuk keputusan kebijakan Federal Reserve dan pernyataan dari Ketua The Fed Jerome Powell pada hari ini, yang dapat memberikan lebih banyak pencerahan mengenai prospek penurunan suku bunga tahun.

Melansir Reuters, harga emas di pasar spot stabil di US$2.157,78 per ons troi pada 0752 GMT. Sedangkan, harga emas berjangka AS sedikit berubah pada US$2.160,80.

Fokus pasar akan tertuju pada pernyataan kebijakan Federal Open Market Committee (FOMC) yang dijadwalkan pada pukul 1800 GMT dan konferensi pers Powell pada pukul 18.30 GMT.

Dengan bank sentral AS yang diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tetap stabil, para pedagang menunggu proyeksi ekonomi dan suku bunga untuk sisa tahun ini.

"Ada kemungkinan nyata bahwa The Fed mungkin tidak terlalu dovish seperti yang para pedagang ingin dengar, dan bahwa median dot plot dapat direvisi dari tiga menjadi dua, atau bahkan satu pemotongan Fed tahun ini," kata analis senior City Index, Matt Simpson.

"Dan hal ini dapat memicu guncangan pada harga tertinggi untuk emas dan menembus di bawah US$2.050 jika Powell mengecewakan para pelaku dovish. Namun, emas tetap didukung oleh kenaikan luas komoditas secara umum."

Angka indeks harga konsumen dan indeks harga produsen AS minggu lalu lebih tinggi dari perkiraan, mengurangi harapan penurunan suku bunga lebih awal dan tajam.

Pedagang saat ini memperkirakan peluang penurunan suku bunga sekitar 61% pada bulan Juni, menurut CME FedWatch Tool.

Suku bunga yang lebih rendah mengurangi biaya peluang untuk memegang emas batangan yang tidak memberikan imbal hasil.

Dolar bertahan stabil setelah mencapai level tertinggi lebih dari dua minggu di sesi sebelumnya. Dolar yang lebih kuat membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Harga emas di pasar spot cenderung menembus garis tren turun per ons troi dan naik ke kisaran US$2.175-US$2.182, menurut analis teknikal Reuters, Wang Tao.

Di tempat lain, harga perak spot turun 0,1% menjadi US$24,89 per ons troi, platinum turun 0,7% menjadi US$888,50, dan paladium turun 1,1% menjadi US$980,29.

(Sumber : Kontan.co.id)

Emas The Fed


Loading...