Berikut Cara Mengatasi Mouse yang Tidak Responsif Atau Tidak Berfungsi

Berikut Cara Mengatasi Mouse yang Tidak Responsif Atau Tidak Berfungsi
Ilustrasi (Katadata : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Senin, 18 Maret 2024 09:35 WIB

Terasjabar.id -- Mungkin saja kamu sering mendapatkan mouse komputer tidak berfungsi atau tidak responsif, alias mouse nge-lag. Masalah ini bisa saja disebabkan dari banyak faktor, bukan hanya karena masalah koneksi, baterai habis, driver usang, port USB longgar, atau bahkan alas mouse yang kotor. 

Bukan hanya terbatas pada masalah fungsi klik yang tidak responsif yang dapat mempengaruhi gerakan penunjuk. Untuk itu, berikut cara mengatasi masalah mouse komputer yang tidak berfungsi dengan baik. 

1. Teknik pemecahan masalah perangkat keras

Ketika kamu mengalami kelambatan mouse, kamu harus mencabut dan membersihkan mouse terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk membersihkan perangkat dari debu. Setelah selesai, coba colok kembali dan lihat apakah sudah berfungsi atau tidak. 

2. Pemecahan masalah perangkat lunak mouse yang lamban

Apabila pemecahan masalah perangkat keras tidak berhasil, bisa saja itu ada masalah pada perangkat lunaknya, seperti driver yang sudah kadaluwarsa yang dapat menyebabkan masalah keterlambatan mouse. Oleh karena itu, kamu penting untuk memperbarui driver perangkat laptop kamu. 

3. Ubah pengaturan mouse

Beberapa pengaturan terkait mouse juga dapat meningkatkan kinerjanya dan memperbaiki masalah, yang pertama adalah kecepatan dan sensitivitas mouse. Pembaruan Windows atau hard reset juga dapat memulihkan pengaturan mouse ke default. 

Ada baiknya kamu juga perlu mematikan akselerasi mouse di laptop kamu. Walaupun fitur ini diciptakan untuk menggerakkan penunjuk lebih jauh dengan gerakan cepat, akan tetapi fitur ini bisa membuat penunjuk tampak agak lambat, terutama pada model lama. Untuk mematikannya berikut cara yang bisa kamu ikuti: 

  • Buka Pengaturan Mouse. 
  • Pilih Pengaturan mouse tambahan. 
  • Arahkan ke Opsi Penunjuk. 
  • Di bagian bawah, Pilih kecepatan penunjuk, hapus centang pada opsi Tingkatkan presisi penunjuk. 

Di samping itu, kamu juga bisa menyesuaikan kecepatan gulir di menu Properti Mouse. Untuk melakukannya, coba buka tab Roda dan atur penghitung di bawah jumlah baris berikut pada satu waktu sesuai yang kamu inginkan. 

Hal terakhir yang baiknya juga kamu coba dengan memeriksa pengaturan touchpad. Apabila kamu memakai Windows 10, coba buka menu Panel Sentuh dan ubah pengaturan penundaan menjadi Tanpa Penundaan. 

Nah, itulah cara mengatasi mouse di laptop yang tidak berfungsi atau mouse yang nge-lag. Semoga informasi ini bermanfaat.



Disadur dari Yoursay.id 

Mouse Komputer Tidak Responsif


Loading...