Jangan Terburu - Buru Membeli yang Baru, Berikut Beberapa Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

Jangan Terburu - Buru Membeli yang Baru, Berikut Beberapa Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah
Ilustrasi (Eraspace : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Selasa, 12 Maret 2024 09:48 WIB

Terasjabar.id -- Cara memperbaiki headset yang mati sebelah menjadi pengetahuan tersendiri yang penting untuk diketahui. Hal ini penting supaya tidak terlalu cepat atau terburu-buru untuk menggantinya dengan yang baru. 

Headset menjadi salah satu aksesoris handphone yang penting untuk dimiliki, entah itu untuk digunakan hanya sekedar mendengarkan musik atau pun hal yang lain. Walaupun sekarang sudah banyak headset tanpa kabel, tapi masih banyak juga kok yang menggunakan headset dengan kabel. 

Dengan demikian, masalah ini kerap terjadi pada headset dengan cara mati sebelah. Jika kamu mengalami masalah seperti ini, kamu tidak perlu buru-buru untuk membeli yang baru. Berikut tips yang bisa kamu ikuti untuk memperbaikinya. 

Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah

1. Periksa Headphone

Apabila kamu menggunakan headphone berkabel dan salah satu sisinya tidak ada suara, coba deh periksa terlebih dahulu apakah headset telah terhubung dengan baik atau tidak. 

Cabut dan tancapkan kembali headphone ke dalam jack-nya. Pastikan kamu sudah menancapkannya dengan baik. 

2. Cek Keseimbangan Stereo

Apabila kamu menggunakan komputer atau smartphone, coba deh buka menu pengaturan untuk memeriksa pengaturan audio. Pastikan bilah keseimbangan stereo tidak digeser ke salah satu sisi. Bilah harus berada dalam posisi di tengah untuk kondisi yang normal.   

3. Pastikan Berada dalam Modus Mono

Suara mono akan mentransmisikan suara yang sama ke seluruh speaker. Suara stereo mentransmisikan suara yang terpisah ke pengeras suara kanan dan kiri. 

Ketika memeriksa pengaturan audio di perangkat, cek apakah perangkat menyediakan untuk beralih antara stereo dan mono. Pastikan perangkat diatur dalam modus stereo bukan mono. 

4. Unpair dan Perbaiki Headset Bluetooth

Pemilik headphone Bluetooth tanpa kabel cobalah untuk unpair headphone dengan mematikan perangkat. Aktifkan kembali Bluetooth dan tempatkan headset dalam modus pairing mode. Hubungkan kembali dengan perangkat dan lihat apakah masalah sudah selesai atau tidak. 

5. Restart Perangkat

Apabila menggunakan komputer, smartphone, atau tablet, cobalah matikan perangkat itu dan kemudian hidupkan kembali. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk memperbaiki bug sementara di dalam software

Nah, itulah cara memperbaiki headset yang mati sebelah. Semoga informasi ini bermanfaat dan berhasil menyelesaikan dari masalah headset yang kamu hadapi.  

Sumber :Yoursay.id 

Headset Cara Memperbaiki Headphone


Loading...