Stadion Sangkuriang Mulai Aktif Dengan Pertandingan Antar Anak Sekolah, Fasilitasnya Dilengkapi Bertahap

Stadion Sangkuriang Mulai Aktif Dengan Pertandingan Antar Anak Sekolah, Fasilitasnya Dilengkapi Bertahap
Foto Stadion Sangkuriang CImahi : Wikipedia : Google
Editor: Admin Teras Cimahi —Selasa, 5 Maret 2024 11:55 WIB

Terasjabar.Id - Pemerintah Kota Cimahi mulai mengaktifkan Stadion Sangkuriang yang baru direvitalisasi untuk olahraga. Hal itu diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan sarana olahraga memadai di Kota Cimahi.

Penggunaan Stadion Sangkuriang untuk umum dimulai dengan Kejuaraan Olahraga Pelajar (Kopel) Piala Wali Kota Cimahi tahun 2024 yang dibuka pada Jumat 1 Maret 2024 di Jalan Sangkuriang Kota Cimahi. Kejuaraan yang digelar di antaranya sepak bola dan basket untuk siswa SMP/MTs dan siswa SMA/SMK se-Kota Cimahi.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olahraga (Disdbudparpora) Kota Cimahi Achmad Nuryana mengatakan bahwa Stadion Sangkuriang sebetulnya sudah mulai diujicoba sejak Februari 2024.

"Secara fungsi Stadion Sangkuriang sudah mulai digunakan sejak Februari. Dengan memulai pertandingan antar pelajar, bisa dikatakan bagian lapangan sudah berfungsi," ujarnya pada Minggu 3 Maret 2024.

Pengerjaan fisik dilakukan bertahap

Menurut dia, pihaknya tidak akan melakukan launching secara besar-besaran Stadion Sangkuriang pascarevitalisas. Pasalnya, pengerjaan fisik masih perlu dilakukan secara bertahap.

"Secara launching resmi tidak ada, berjalan aja. Karena fasilitas stadion belum lengkap, seperti tribun, toilet, parkiran, belum bisa dikatakan layak. Masih ada pengerjaan di tahun 2024 ini, semoga bisa terlaksana," katanya.

Kejuaraan tersebut selain untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga atlet pelajar Kota Cimahi, juga sebagai momentum seleksi pembentukan Tim Pelajar Kota Cimahi yang akan dipersiapkan untuk POPWILDA dan POPDA.

Kejuaraan yang akan berlangsung selama tujuh hari mulai 1-7 Maret 2024 ini diikuti oleh 700 orang pelajar di Kota Cimahi.

Di antaranya pelajar SMA/SMK/MA sebanyak 11 Sekolah serta pelajar SMP/MTS sebanyak 13 Sekolah. Dalam kejuaraan ini dipertandingkan 2 cabang olahraga yang terdiri dari bola basket kategori putra dan putri serta sepak bola kategori putra.

“Lewat kejuaraan ini diharapkan dapat mencetak dan melahirkan calon atlet terbaik pelajar yang akan menjadi Kota Cimahi dan Jawa Barat, juga menjadi momentum peningkatan gairah dan motivasi pelajar untuk berlatih juga berprestasi di ajang olahraga dengan moto Cimahi Bergerak,” tutur Achmad.

Program Cimahi Bergerak

Pj Wali Kota Cimahi Dicky Saromi mengatakan bahwa kegiatan kejuaraan digelar untuk memajukan pembinaan prestasi bagi para siswa-siswi di Kota Cimahi yang nantinya akan menjadi penerus bangsa.

“Kejuaraan Olahraga Pelajar ini merupakan bagian dari upaya untuk menyukseskan program Cimahi Bergerak, yaitu program untuk menggalakan berolahraga dan beraktivitas yang tujuannya untuk membentuk masyarakat yang sehat dan berprestasi,” tutur Dicky.

Sedangkan bagi para pelajar, Dicky menyebut Kejuaraan Olahraga Pelajar merupakan salah satu sarana untuk pembentukan karakter.

“Kegiatan ini menjadi ajang bagi pembinaan dan pengembangan olahraga di sekolah dan merupakan salah satu bagian dari empat pilar pendidikan karakter, yang meliputi olah hati atau qolbu, olah rasa, olah pikir, dan olahraga,” katanya.





Sumber : Pikiran Rakyat

stadion stadion sangkuriang cimahi pertandingan anak sekolah fasilitas


Loading...