Berikut Beberapa Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Kencing Manis

Berikut Beberapa Makanan yang Perlu Dihindari  Penderita Kencing Manis
Ilustrasi (Alodokter : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Senin, 4 Maret 2024 14:25 WIB

Terasjabar.id -- Penyakit kencing manis atau biasa disebut diabetes melitus merupakan penyakit yang diakibatkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Para penderita kencing manis perlu tahu sejumlah makanan yang dilarang untuk dikonsumsi agar tetap menjaga kesehatan dengan maksimal.

Dikutip dari laman WebMD, mengonsumsi kalori dan karbohidrat dalam jumlah besar bisa meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. 

Bila tidak diperhatikan, maka kebiasaan ini bisa menjadi masalah yang serius bagi kesehatan tubuh, lho. Mau tahu apa saja makanan yang perlu dihindari penderita kencing manis? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Daging merah

Ada sejumlah jenis daging merah yang perlu diperhatikan sebelum dikonsumsi, seperti daging sapi, domba, hingga babi. Selain itu, penderita kencing manis juga harus hindari olahan daging siap konsumsi, mulai dari hot dog, ham, dan produk lainnya. 

2. Karbohidrat putih

Menurut penelitian, karbohidrat 'putih' yang ada dalam pasta, nasi, dan roti putih dinilai tidak mengandung gizi baik bagi tubuh. 

Karbohidrat 'putih' juga bisa meningkatkan gula darah, kadar kolestrol jahat, hingga penambahan berat badan. Anda bisa menggantinya dengan karbohidrat gandum utuh, seperti pasta, roti gandum, nasi merah, dan quinoa.

3. Makanan ringan

Jenis makanan ringan seperti kue kemasan, kue kering, hingga biskuit dibuat dari gula rafinasi, tepung terigu rafinasi, serta lemak tidak sehat. Makanan ini juga mengandung sejumlah bahan kimia yang perlu diwaspadai, mulai dari perasa, pengawet, hingga pewarna. 

Dikutip dari Diabetes Care Community, karbohidrat dalam makanan tersebut dapat meningkatkan insulin dan kadar gula secara cepat. 

Anda bisa menggantinya dengan sayuran, almond, atau potongan apel dengan selai kacang.

4. Buah kering

Meski memiliki cita rasa yang lezat dan banyak serat, sayangnya buah-buahan kering mengandung tinggi gula yang membahayakan. 

Dalam satu porsi kurma seberat 50 gram terhitung mengandung 25 gram gula pasir yang cukup tinggi. 

Anda bisa mengganti buah-buahan kering dengan buah-buahan segar, seperti apel atau jeruk yang bisa disantap sebagai camilan yang sehat dan mengenyangkan. 

Disadur dari Yoursay.id 

Penyakit Kencing Manis Pola Makan Kesehatan


Loading...