Kemendikbudristek Berkomitmen Perkuat Posisi Film Indonesia di Kancah Internasional

Kemendikbudristek Berkomitmen Perkuat Posisi Film Indonesia di Kancah Internasional
ilustrasi pembuatan film (idntimes.com)
Editor: Admin Pendidikan —Senin, 4 Maret 2024 09:55 WIB

Terasjabar.Id - Partisipasi Indonesia dalam Hongkong International Film and TV Market 2024 (HKIFTVM) menjadi salah satu upaya mewujudkan langkah strategis tersebut.

Ahmad Mahendra, Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek (4/3/2024), menyambut baik partisipasi film Indonesia di ajang HKIFTVM 2024 yang berlangsung dari tanggal 10 hingga 14 Maret di Hong Kong Convention and Exhibition Centre, Hong Kong.

"Kami mengapresiasi dan mendukung melalui berbagai inisiatif seperti Indonesia Pavilion, Networking Events, Panel Discussion, dan Market Screening Discover Indonesia, hasil kerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta," ungkapnya.

Mahendra menjelaskan bahwa partisipasi di HKIFTVM 2024 hanyalah bagian kecil dari upaya Kemendikbudristek untuk menduniakan film Indonesia. "Tahun ini, Indonesia juga akan berpartisipasi dalam sejumlah festival film internasional dengan skala lebih besar, termasuk Udine Far East Film Festival, Bucheon International Fantastic Film Festival, Festival Film Cannes, dan Busan International Film Festival." Data Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Indonesia tahun 2023 mencatat sebanyak 50 judul film berhasil ditampilkan di 24 festival film internasional di 18 negara.

Hal ini menunjukkan pengakuan yang lebih luas terhadap film Indonesia dan menegaskan posisinya sebagai pesaing kuat di pasar film global.

Dukungan penuh Kemendikbudristek terhadap industri kreatif film Indonesia diharapkan tidak hanya untuk memperkenalkan kekayaan budaya, tetapi juga untuk menciptakan peluang baru bagi sineas Indonesia di pasar global.

“Kehadiran aktif di festival film internasional merupakan bukti nyata dari komitmen ini, membawa film Indonesia semakin dekat ke panggung dunia,” tegas Mahendra.

Vivian Idris, produser berpengalaman Indonesia yang juga merupakan tim koordinasi festival internasional, mengapresiasi komitmen Kemendikbudristek.

"Kami ingin mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kemendikbudristek atas dukungan dan komitmennya yang tidak tergoyahkan dalam memajukan industri film Indonesia di kancah internasional," ungkapnya.

“Kita sedang mempersiapkan partisipasi Indonesia di beberapa festival, diantaranya Indonesia akan menjadi Country of Focus, hal ini juga menyusul keberhasilan dari Busan International Film Festival 2023 lalu," tambah Vivian Idris.

Sumber: kompas.com

Kemendikbudristek Film Indonesia Internasional Perkuat Posisi Film


Loading...