Camat Cigedug dan Kades Sindangsari Bangga Hasil Pertaniannya Jadi Perhatian Pj Bupati Garut

Camat Cigedug dan Kades Sindangsari Bangga Hasil Pertaniannya Jadi Perhatian Pj Bupati Garut
Editor: Jajang Teras Garut —Rabu, 21 Februari 2024 23:13 WIB

TERASJABAR.ID - Pj Bupati Garut, Barnas Adjidin, mengawali Panen Raya Bawang Merah yang dibudidaya oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sari Sejahtera, Desa Sindangsari, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, pada Rabu 21 Februari 2024

Pj Bupati Garut terlihat sangat menikmati suasana keindahan areal budidaya bawang merah di Kp. Sengklek Desa Sindangsari yang terletak dibawah kaki gunung cikuray. PJ Bupati beserta rombongan menyusuri pematang areal pertanian dengan suasana yang dingin dan sejuk dengan hamparan tanaman bawang merah dapat menyegarkan kepenatan dari hiruk pikuk kehidupan diperkotaan.

Panen raya ini, menurut Barnas menjadi bukti bahwa bawang merah adalah salah satu komoditas yang berpotensi menjadi unggulan di Kecamatan Cigedug, dengan hasil yang memuaskan dan manfaat yang beragam, mengingat bawang menjadi bumbu penting dalam masakan.

”Maka sudah tepatlah bahwa di Kecamatan ini bisa memasok minimal untuk Kecamatan Cigedug itu sendiri dan diharapkan bisa memasok juga ke kecamatan-kecamatan lain, termasuk di pasar Garut. Kalau kita lihat juga dari hasil yang ditanam ini memungkinkan untuk bisa dijual baik di pasaran,” ungkap Barnas.

Barnas juga menyampaikan keprihatinan terhadap potensi kenaikan harga kebutuhan pokok, terutama disebabkan oleh faktor cuaca yang dapat mempengaruhi hasil pertanian.

Sementara itu, Camat Cigedug mengungkapkan bahwa berdasarkan pengalaman ada resiko tinggi terhadap program ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa dalam beberapa tahun kebelakang yang mengalokasikan anggarannya pada peternakan.

Dipilihnya budidaya bawang merah oleh Bumdes Sari Sejahtera menurut Camat karena relatip minim resiko. Kontur tanah dan iklim dikecamatan Cigedug sangat cocok untuk tanaman bawang merah, termasuk resiko pasar Ketika harga anjlok.

Dawam, Ketua BUMDes Sindangsari, mengungkapkan proyeksi hasil panen bawang merah batu ini mencapai 1 – 1,5 ton, dengan luas lahan dan pembibitan yang signifikan. Ia juga menegaskan rencana distribusi hasil panen untuk mendukung petani lokal dan memperluas corak komoditas pertanian di desa tersebut.

”Pembibitan yang dilakukan yaitu sebanyak hampir 9 kwintal dengan luas lahan kurang lebih satu hektar,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sindangsari Jajang As Sidiq mengungkapkan rasa gembiranya atas kehadiran langsung PJ Bupati Garut kedesanya. Betapa tidak, baru sekitar sebulan bertugas menjadi PJ Bupati Garut, Barnas Adjidin menyempatkan diri hadir langsung memenuhi undangan dirinya untuk melakukan panen perdana bawang merah yang lokasinya cukup menantang.

“Kehormatan yang luar biasa buat saya dan warga Desa Sindangsari. Semoga menjadi motivasi bagi kami untuk mempercepat laju pembangunan ekonomi warga desa. Terima kasih atas kehadiran Bapak PJ Bupati beserta para Kadis dan rombongan”, ujar Jajang.

Kepala DPMD Kabupaten Garut, Wawan Nurdin yang mendampingi PJ Bupati Garut berharap Bumdes Sari Sejahtera menjadi pionir kemajuan BUMDes di Kecamatan Cigedug,

“Kami sangat mendukung inovasi yang dilakukan oleh Bumdes Sari Sejahtera desa Sindangsari, disamping pilihan core bisnisnya tepat dan prospektif, juga diharapkan Bumdes dapat berperan dalam percepatan mewujudkan kesejahteraan masyarakat desa termasuk memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli desa”, ujar Wawan Nurdin.***MG

Kontributor Cigedug


Loading...