Berikut Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban 2024

Berikut Bacaan Niat Puasa Nisfu Syaban 2024
(Detik.com : Google)
Editor: Epenz Life Style —Selasa, 20 Februari 2024 11:36 WIB

Terasjabar.id - Syaban adalah bulan kedelapan sebelum Ramadhan menurut penanggalan Hijriah. Nisfu Syaban adalah pertengahan bulan Syaban atau tanggal 15 yang dianggap penuh keberkahan dan malam ampunan.

Saat Nisfu Syaban, banyak umat Islam yang menjalankan ibadah sunnah, termasuk puasa. Hal ini diriwayatkan oleh Ali bin Abi Thalib, bahwa Nabi SAW bersabda dengan arti sebagai berikut:

“Jika malam Nisfu Syaban tiba, maka shalatlah dan puasalah di siang hari karena Allah akan mengirimkan ampunan-Nya pada malam hari di sana, mulai matahari terbenam hingga pagi hari. Selanjutnya Rasulullah dalam kisah Aisyah menganjurkan puasa yang lebih sunnah di bulan Syaban dibandingkan bulan-bulan lainnya".

Kapan Nisfu Syaban 2024?

Menurut kalender Islam Kementerian Agama (Kemenag), Puasa Nisfu Syaban 2024 akan berlangsung pada hari Minggu, 25 Februari 2024. Sementara itu, puasa Nisfu Syaban 2024 akan berlangsung pada hari Sabtu, 24 Februari 2024 s/d Minggu Februari 2024. 

Sebagaimana dilansir dari laman NU Online, Nisfu Syaban 2024 hanya berlangsung selama satu hari, tepatnya pada 15 Syaban 1445 Hijriah atau Minggu 25 Februari 2024. Namun, setelah Nisfu Syaban umat Islam bisa menjalankan amalan puasa sunnah lainnya seperti puasa senin kamis, puasa ayyamul bidh, puasa nadzar atau puasa qadha.

Niat Puasa Nisfu Syaban 2024

Umat Islam dianjurkan untuk membaca Niat Puasa Nisfu Syaban di malam harinya, di mana tujuannya adalah sama dengan puasa sunah lainnya di bulan Syaban.

Berikut adalah bacaan niat puasa Nisfu Syaban siang dan malam yang perlu diperhatikan:

Niat Puasa Nisfu Syaban Malam

Arab Latin: "Nawaitu shauma ghadin 'ann adaa'i sunnatal sya'bana lillahi taala"

Artinya: “Saya niat puasa sunnah Sya’ban besok karena Allah SWT.”

Nisfu Syaban Niat Puasa di Siang Hari

Bagi umat Islam yang tidak sempat membaca di malam hari, tidak perlu khawatir karena seorang muslim boleh melafalkan niat puasa Nisfu Syaban di siang hari selama ia belum makan, minum, atau melakukan hal lain yang mempengaruhi puasanya sejak sahur.

Berikut ini adalah bacaan niat puasa Nisfu Syaban dan boleh dibaca pada siang hari:

Arab Latin: "Nawaitu shauma hadzall yaumi 'ann ada'ii sunnatal Sya'bana lillahi taala"

Artinya : “Hari ini saya niat puasa Sunnah Sya'ban karena Allah SWT.”

Keutamaan Puasa Pada Nisfu Syaban

Sama halnya dengan puasa Syaban, keutamaan puasa Nisfu Syaban adalah menerima syafaat Nabi SAW di hari kiamat. Syekh Nawawi Al-Bantani berkata dalam hadist yang memiliki arti sebagai berikut:

Artinya: "Puasa Sunnah yang kedua belas adalah puasa Sya'ban, karena kecintaan Nabi SAW kepadanya. Oleh karena itu, barangsiapa yang ridha kepada-Nya, maka ia akan menerima syafaat-Nya pada hari kiamat".

Demikian penjelasan mengenai niat puasa Nisfu Syaban tahun 2024 yang perlu diketahui. 

Disadur dari Suara.com 

Ramadhan Bulan Syaban Nisfu Syaban


Loading...