Mana yang Lebih Sehat Antara Jus Buah dan Air Kelapa ?

Mana yang Lebih Sehat Antara Jus Buah dan Air Kelapa ?
Halodoc
Editor: Malda Teras Health —Sabtu, 17 Februari 2024 10:19 WIB

Terasjabar.id - Jus buah dan air kelapa merupakan pilihan minuman sehat yang baik untuk tubuh. Selain kaya akan nutrisi, kedua minuman tersebut juga turut membantu tubuh agar tetap terhidrasi.
Mengkonsumsi minuman sehat memang tengah menjadi tren di masyarakat. Banyak orang yang mulai sadar akan kesehatan tubuhnya, sehingga mulai mengurangi minuman seperti kopi, soda, maupun teh kemasan dan beralih ke jus buah segar atau air kelapa.

Namun, di antara jus buah segar dan air kelapa, manakah yang lebih sehat untuk tubuh? Simak penjelasannya secara lengkap dalam artikel ini.

Jus Buah Segar atau Air Kelapa?
Sebenarnya, baik jus buah ataupun air kelapa sama-sama memberikan manfaat untuk kesehatan. Tapi, jika ditanya mana yang lebih sehat di antara keduanya, semua itu bergantung pada situasi dan kondisi tubuh seseorang.

Dilansir situs Times of India, berikut penjelasannya.

1. Kandungan Nutrisi
Jika membandingkan dari segi kandungan nutrisi, air kelapa mengandung elektrolit, mineral dan vitamin. Selain itu terdapat juga gula di dalam air kelapa, namun jumlahnya lebih sedikit dari jus buah.

Air kelapa mengandung kalium tinggi, sehingga cocok diminum untuk orang yang sering olahraga. Sebab, air kelapa dapat menjaga keseimbangan cairan elektrolit tubuh.

Sedangkan jus buah memiliki kandungan vitamin yang beragam, tergantung buah yang dikonsumsi. Pada umumnya, jus buah mengandung vitamin A, B, C, dan E. Jus buah juga kaya antioksidan dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. Kandungan Kalori
Untuk jumlah kalorinya, air kelapa jauh lebih rendah dibandingkan jus buah. Jumlah kalori pada air kelapa sekitar 60% lebih sedikit.

Sebagai contoh, dalam 100 gram jus apel terdapat 46 kalori. Sementara itu, air kelapa dengan jumlah yang sama kalorinya hanya sekitar 18,4 kalori saja.

Apabila sedang menjalani program diet, disarankan untuk rutin mengkonsumsi air kelapa dibandingkan jus buah. Meski begitu, bukan berarti dilarang mengkonsumsi jus buah ya, hanya saja pilih buah yang segar dan jangan terlalu banyak menggunakan gula.

3. Kandungan Gula
Tak hanya kalori, air kelapa juga tergolong lebih rendah gula daripada jus buah. Soalnya, jus buah yang dibuat dari potongan buah manis dan segar memang secara alami sudah mengandung gula di dalamnya.

Maka dari itu, usahakan jangan terlalu banyak mencampur gula ke dalam jus buah, apalagi menggunakan susu kental manis. Sebab, dikhawatirkan khasiat jus buah segar jadi berkurang.

4. Kandungan Serat
Dari segi kandungan serat, jus buah memiliki lebih banyak serat dibandingkan air kelapa. Artinya buah-buahan baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan, terlebih bagi kamu yang kesulitan buang air besar (BAB).

Mengkonsumsi jus buah segar juga bermanfaat bagi orang yang sedang diet, karena dapat memberikan efek rasa kenyang lebih lama, sehingga nggak mudah lapar.

Waktu yang Tepat Minum Jus Buah dan Air Kelapa


Baik jus buah segar ataupun air kelapa memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Air kelapa dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit serta rendah gula dan kalori, sedangkan jus buah mengandung banyak vitamin dan kaya akan antioksidan.

Lalu, apakah harus rutin mengkonsumsi air kelapa dan jus buah setiap hari? Jawabannya tidak juga. Air kelapa bisa jadi pilihan terbaik saat dehidrasi, merasa mual, mengalami gangguan pencernaan, hingga orang yang ingin menurunkan berat badan.

Sementara itu, jus buah baik dikonsumsi ketika kamu kekurangan vitamin, sedang lemas, ingin menyehatkan kulit, dan memberikan energi tambahan bagi tubuh.

Namun, perlu diingatkan kembali untuk mengkonsumsi jus buah segar daripada jus buah kemasan. Selain sudah dicampur dengan bahan pengawet, jus buah kemasan mengandung kadar gula tinggi dan rendah nutrisi, sehingga tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi terus menerus.

Itu dia penjelasan mengenai masing-masing manfaat dari jus buah segar dan air kelapa. So, keduanya tetap sehat dan baik untuk tubuh, kok!


Baca artikel detikfood, "Mana yang Lebih Sehat, Jus Buah Segar atau Air Kelapa?" selengkapnya https://food.detik.com/info-sehat/d-7196995/mana-yang-lebih-sehat-jus-buah-segar-atau-air-kelapa.


Mana yang Lebih Sehat Antara Jus Buah dan Air Kelapa ?


Loading...