Berikut Beberapa Tips Mencegah DBD di Musim Penghujan

Berikut Beberapa Tips Mencegah DBD di Musim Penghujan
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 13 Februari 2024 10:51 WIB

Terasjabar.id -- ANCAMAN demam berdarah dengue (DBD) tengah mengintai di musim penghujan. Seperti diketahui, DBD adalah penyakit daerah tropis yang disebabkan oleh virus dengue akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti.

Tentunya penyakit DBD ini tidak dapat dianggap remeh. Dikutip dari pharmeasy, Selasa (13/2/2024) demam berdarah menyebabkan gejala seperti suhu tubuh tinggi, setinggi 40 derajat celcius, nyeri sendi dan otot yang hebat, nyeri di belakang mata, mual dan atau muntah, sakit kepala parah, dll.

DBD tentunya dapat dicegah dengan beberapa cara. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk mencegah DBD:

1. Gunakan obat penolak nyamuk

Menggunakan obat penolak nyamuk, terutama di daerah tropis dengan populasi dan keramaian yang tinggi, dapat membantu mengusir nyamuk yang menggigit anda. Oleskan krim anti nyamuk pada tubuh anda saat bepergian ke tujuan tropis dan bahkan saat anda berada di dalam ruangan.

2. Kenakan pakaian pelindung

Untuk menghindari gigitan nyamuk, seseorang dapat menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang dengan kaus kaki dan sepatu tertutup. Sangat disarankan untuk menggunakan jenis pakaian pelindung khusus di daerah yang terdampak demam berdarah.

Selalu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter apabila anda merasa memiliki gejala demam berdarah. Dokter akan dapat mendiagnosis apakah anda menderita demam berdarah atau gejala dari penyakit lain.

3. Tinggal di rumah yang tertutup rapat

Pastikan jendela ditutup dengan benar atau sekat pintu tidak memiliki lubang apa pun. Ini akan menghilangkan kemungkinan nyamuk masuk ke dalam rumah.

4. Mengurangi habitat nyamuk

Nyamuk yang mengakibatkan demam berdarah berkembang biak di genangan air yang berisi benda-benda seperti ban, penutup plastik, pot bunga, mangkuk air hewan peliharaan, dll. Mengurangi habitat yang tersedia untuk nyamuk ini (dengan membuang genangan air untuk berkembang biak) dapat membantu mencegah demam berdarah.

Disadur dari Okezone.com 

DBD Musim Penghujan Nyamuk Mencegah


Loading...