Pembangunan Rumah Korban Banjir Kalibaru Banyuwangi

Pembangunan Rumah Korban Banjir Kalibaru Banyuwangi
Foto : Kompas : Google
Editor: Admin Hot News —Selasa, 13 Februari 2024 09:07 WIB

Terasjabar.Id - Sebanyak 66 hunian untuk korban banjir Kalibaru, Banyuwangi, Jawa Timur, mulai dibangun di petak lahan seluas 1,17 hektare di atas lahan milik PTPN I regional 5, Banyuwangi. Lahan yang telah dibeli oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur itu dinilai cukup ideal karena berada di perkampungan, yakni di Dusun Krajan, Desa Kalibaru Wetan, Kecamatan Kalibaru.

"Lokasinya cukup dekat dengan hunian awal warga yang rusak akibat banjir bandang akhir 2022 lalu," kata Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Selasa (13/2/2024).

Menurut Khofifah, pembangunan hunian tersebut dikhususkan untuk warga empat desa di Kecamatan Kalibaru yang terkena dampak banjir bandang.

"Kami bersyukur bisa terealisasi. Semoga berjalan lancar dan sesuai target penyelesaiannya," ungkap Gubernur.

Menurut Khofifah, sebelum lokasi itu ditetapkan, Pemprov Jatim sebenarnya sudah menawarkan dua titik lain. Namun ditolak warga karena lokasinya jauh dari perkampungan.

"Inilah yang menyebabkan proses relokasi lebih lama, karena terkait proses administrasi pembebasan lahan," ujar Khofifah.

Khofifah menjelaskan, proses pembangunan hunian relokasi diperkirakan selesai dalam tiga bulan.

"Masing-masing rumah ini nanti akan dibangun dengan ukuran 5 meter x 6 meter," terangnya.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menyatakan siap berkolaborasi dengan Pemprov Jatim terkait pembangunan hunian tersebut.

"Kami siap menyediakan sarana-prasarana di lingkungan baru itu. Sarana-prasarana tersebut antara lain jaringan air bersih, listrik, dan lainnya," kata Ipuk.

Ipuk memaparkan, setelah banjir pada 2022 lalu, Pemkab Banyuwangi langsung melakukan penanganan renovasi rumah yang rusak sedang dan ringan akibat banjir.

Pemkab Banyuwangi juga membiayai kontrak rumah warga yang huniannya rusak berat, termasuk pembangunan kembali infrastruktur yang rusak karena banjir.

"Ada 4 jembatan yang rusak akibat banjir, kami telah bangun kembali. Normalisasi aliran sungai juga telah dilakukan, termasuk pembangunan drainase untuk antisipasi banjir," ujar Ipuk.

Mewakili warga, Ipuk berterima kasih kepada Pemprov atas pembangunan hunian relokasi tersebut.

"Kami tentu juga mengajak warga untuk merawat dan menjaga lingkungan agar bencana banjir bandang tak kembali terulang," tandas Ipuk.

Tri Catur Wulan Mandasari, salah satu korban banjir bandang Kalibaru mengaku senang dengan pembangunan hunian relokasi.

Warga Desa Kalibaru Wetan itu mengaku sudah satu tahun menunggu untuk memiliki rumah baru.

"Lokasinya cocok. Soalnya dekat. Keluarga banyak di sini," pungkas Tri Catur.

Sumber : Kompas

Pembangunan Hunian Rumah Korban Banjir Banyuwangi


Loading...