Berikut Tips Memasak Nasi agar Tak Mudah Basi

Berikut Tips Memasak Nasi agar Tak Mudah Basi
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 12 Februari 2024 15:05 WIB

Terasjabar.id -- MASYARAKAT kini tengah dihadapkan dengan melonjaknya harga beras di pasaran, hingga mengakibatkan kelangkaan di sejumlah daerah. Fenomena ini meresahkan rakyat dan membuat masyarakat Indonesia perlu memutar otak.


Artinya, Anda perlu pintar-pintar menggunakan beras agar lebih hemat dan bijak. Salah satunya dalam memasak nasi agar tidak mudah basi, sehingga tak banyak beras yang mubazir dan jadi terbuang begitu saja.

Meski terlihat gampang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memasak nasi. Penasaran, bagaimana tipsnya agar nasi tidak mudah basi di tengah melonjaknya harga beras ini? Yuk simak informasinya dilansir Buzzfeed, Senin (12/2/2024)

1. Selalu mencuci beras: Cara ini berguna untuk menghilangkan kelebihan pati yang menempel di bagian luar nasi yang membuatnya lengket dan mencegahnya saling menempel. Anda dapat melakukannya dengan membilasnya menggunakan saringan atau dengan memasukkannya ke dalam semangkuk air dan menggunakan tangan untuk mencucinya.



2. Jangan diaduk saat dimasak: Hindari mengaduk nasi saat masih dalam proses dimasak. Hal ini akan menyebabkan nasi menjadi bertepung, padat, dan lengket. Bila melakukannya, biasanya nasi jadi akan mudah lengket, basi dan tak tahan lama.

3. Taruh handuk: Tips selanjutnya ialah meletakan handuk di bagian dalam tutup rice cooker saat memasak nasi. Cara ini dilakukan untuk menyerap kondensasi dan mencegahnya menjadi lembek. Handuk berguna untuk menyerap uap yang akan turun ke beras dan menyebabkannya menjadi basah. Letakkan saja handuk di bawah tutupnya selama beberapa menit terakhir memasak agar membuat nasi tetap matang sempurna.

4. Tambah sedikit minyak: Gunanya untuk mencegah butirannya saling menempel. Agar nasi tidak lengket, masukkan sedikit minyak atau sedikit mentega ke dalam cairan masak. Saat nasi dimasak, minyak akan mencegahnya saling menempel dan menghasilkan butiran indah yang sempurna.

5. Diamkan 15 menit setelah matang: Setelah nasi matang, diamkan dulu sekitar 15 menit sebelum dimakan. Ini akan mendistribusikan kembali kelembapan ke seluruh nasi dan membuatnya lebih konsisten.




Disadur dari OKezone.com 

Beras Nasi Memasak


Loading...