5 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari yang Luar Biasa

5 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari yang Luar Biasa
(himedik.com: google)
Editor: Admin Teras Health —Senin, 12 Februari 2024 10:17 WIB

Terasjabar.Id - Perkembangan zaman yang sangat pesat membuat orang makin enggan jalan kaki. Kebanyakan lebih memilih naik sepeda motor meskipun hanya jarak dekat.

Padahal aktivitas fisik seperti jalan kaki sangat diperlukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Selain itu, berjalan kaki juga bisa membantu menurunkan berat badan. Sebagian manfaatnya bahkan bisa mengejutkan.
Berikut ini adalah beberapa manfaat jalan kaki untuk kesehatan dikutip dari Harvard. Apa saja ya?

- Menangkal Efek Gen Penambah BB
Kegiatan jalan kaki rupanya sangat baik sebagai salah satu langkah mengontrol berat badan. Salah satunya untuk menangkal gen penambah berat badan. Peneliti di Harvard telah mengamati 32 gen pemicu obesitas pada lebih dari 12 ribu orang untuk menentukan seberapa besar kontribusi gen ini terhadap berat badan. Di antara peserta penelitian yang berjalan cepat sekitar satu jam sehari, efek dari gen tersebut berkurang setengahnya.

- Mengurangi Keinginan Makan Manis
Sejumlah penelitian yang dilakukan Universitas Exeter menemukan bahwa berjalan kaki dapat menekan keinginan untuk makan manis. Temuan menunjukkan jalan kaki selama 15 menit dapat mengekang keinginan makan coklat dan mengurangi jumlah coklat yang dimakan dalam kondisi stres. Tak hanya itu, penelitian ini juga mengungkap kebiasaan ini mampu mengurangi keinginan ngemil dan asupan manis lainnya.

- Menurunkan Risiko Kanker Payudara
Aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kanker payudara. Studi dari American Cancer Society yang berfokus pada jalan kaki menemukan wanita yang berjalan kaki tujuh jam atau lebih dalam seminggu memiliki risiko 14 persen lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang hanya berjalan kaki selama tiga jam atau kurang per minggu.
Jalan kaki juga memberikan perlindungan terhadap faktor risiko kanker payudara yang lain, misalnya seperti mengontrol berat badan.

- Meredakan Nyeri Sendi
Beberapa penelitian menemukan bahwa berjalan kaki mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan arthritis. Berjalan lima hingga enam mil (8-10 km) seminggu bahkan dapat mencegah terbentuknya arthritis.
Jalan kaki dapat meningkatkan kesehatan persendian. Kebiasaan tersebut dapat melindungi persendian, terutama lutut dan pinggul, dengan melumasi sendi dan memperkuat otot yang menopangnya.

- Meningkatkan Fungsi Imun
Rutin jalan kaki dapat meningkatkan perlindungan tubuh pada penyakit di musim flu dan pilek. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 1.000 pria dan wanita menemukan bahwa mereka yang berjalan kaki setidaknya 20 menit sehari, setidaknya 5 hari seminggu, memiliki hari sakit 43 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang berolahraga seminggu sekali atau kurang.
Jika orang yang rutin jalan kaki sakit, durasi akan lebih singkat

Sumber: health.detik.com

Jalan Kaki Manfaat Kesehatan Berjalan


Loading...