10 Makanan Pengganti Nasi, Tetap Mengenyangkan kok !

10 Makanan Pengganti Nasi, Tetap Mengenyangkan kok !
PediaSure
Editor: Malda Teras Health —Minggu, 11 Februari 2024 10:58 WIB

Terasjabar.id - Nasi adalah makanan pokok kebanyakan orang Indonesia, yang tidak mungkin absen dari konsumsi sehari-hari. Nasi adalah sumber energi utama, yang memungkinkan tubuh selalu produktif.
Selain nasi, ternyata ada 10 pilihan lain yang menyediakan manfaat serupa. Pilihan ini bisa menjadi alternatif bagi yang bosan makan nasi, atau mencoba makanan lain.

10 Makanan Pengganti Nasi
Sebagai pengganti nasi tersedia berbagai jenis umbi-umbian, sayuran, dan biji-bijian. Berikut informasi kelengkapan gizi dan manfaatnya.

1. Quinoa
Quinoa adalah sejenis biji-bijian yang menjadi makanan pokok di Amerika Selatan selama ribuan tahun. Biji ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi karena mengandung sembilan asam amino esensial.

Makanan ini juga berkhasiat untuk mendukung kesehatan jantung dan memiliki efek hipoglikemik yang bisa membantu menurunkan gula darah. Kandungan proteinnya jauh lebih tinggi dari nasi.

2. Barley
Barley adalah biji-bijian yang mempunyai banyak manfaat kesehatan. Makanan pengganti nasi ini cocok untuk orang-orang yang ingin mengonsumsi makanan tinggi serat.

Barley mengandung antioksidan bernama lignan yang membantu melindungi dari kerusakan sel. Kandungan serat dan proteinnya jauh lebih tinggi dari nasi. Selain itu barley mengandung lebih dari 30 nutrisi misal fitosterol, beta-glukan, tokol, dan mineral yang bisa membantu memerangi penyakit asam urat serta kanker.

3. Sukun
Sukun mengandung tinggi karbohidrat dan protein serta rendah kalori. Mengutip buku Beberapa Tanaman Sumber Karbohidrat oleh Nisa Amalia, sukun mengandung asam amino esensial yang tidak diproduksi oleh tubuh manusia. Apabila dibuat dalam bentuk tepung, nilai gizinya sama dengan nasi.

4. Kubis
Kubis menjadi sayuran yang bisa digunakan sebagai alternatif nasi. Biasanya orang mengonsumsi kubis dengan cara di parut.

Sayuran ini rendah kalori dan karbohidrat serta kaya vitamin dan mineral. Kubis juga kaya akan kalsium, senyawa bioaktif, vitamin C, dan vitamin E. Kandungannya membuat kubis dapat melindungi tubuh dari kolesterol tinggi, masalah hati, pankreatitis, dan penyakit jantung.

5. Kembang Kol
Selain kubis, kembang kol juga bisa menjadi makanan pengganti nasi. Sayuran ini bisa dikonsumsi dengan cara memotongnya kecil-kecil hingga teksturnya menyerupai nasi. Kembang kol memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang rendah.

6. Brokoli
Mirip dengan kembang kol, brokoli juga menjadi alternatif pengganti nasi yang tepat untuk orang yang sedang melakukan diet rendah karbohidrat atau rendah kalori. Brokoli mengandung antioksidan yang kuat dan dapat melawan kanker.

Sayuran ini juga mengandung 92,5 mg vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Adapun jumlah vitamin C yang direkomendasikan adalah 90 mg untuk laki-laki dan 75 mg untuk perempuan.

7. Shirataki
Shirataki merupakan makanan yang populer di sebagian Asia. Makanan yang cocok menjadi pengganti nasi ini rendah karbohidrat dan kalori serta kaya akan serat glukomanan.

Menyerupai kentang, shirataki dibuat seperti butiran berbentuk beras. Sebanyak 100 gram nasi shirataki menyediakan 10 kalori dan 5 gram karbohidrat.

8. Kentang
Makanan pengganti nasi selanjutnya adalah kentang. Cara mengonsumsinya bisa dengan direbus, ditumbuk, atau dipanggang.

Sejenis umbi-umbian ini sudah dimakan sejak zaman kuno. Adapun beberapa khasiat dari kentang yaitu:

Efek antioksidan
Efek anti-inflamasi
Efek anti kanker
Menurunkan kolesterol
Menurunkan gula darah.


9. Ubi Jalar
Ubi jalar mengandung karbohidrat, mikronutrien, serat dan juga mineral. Jika dikonsumsi, ubi jalar bisa membantu melindungi dari penyakit kardiovaskular dan kanker berkat sifat antioksidannya.

10. Nasi Merah
Mengutip Better Homes & Gardens, nasi merah bisa menjadi alternatif nasi putih yang sangat baik. Beras merah sendiri merupakan biji-bijian utuh yang memiliki protein 25% lebih banyak dan serat enam kali lipat dibandingkan beras putih. Untuk memasaknya, nasi merah membutuhkan waktu lebih lama dari nasi putih.

Itulah beberapa rekomendasi makanan pengganti nasi yang bisa kamu konsumsi. Apakah kamu ingin mencoba mengonsumsi salah satu di antaranya?

Baca artikel detikHealth, "10 Makanan Pengganti Nasi yang Nggak Bikin Buncit, Mengenyangkan, Sehat" selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7183817/10-makanan-pengganti-nasi-yang-nggak-bikin-buncit-mengenyangkan-sehat.


10 Makanan Pengganti Nasi Tetap Mengenyangkan kok !


Loading...