Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Asam Urat di Kaki

Berikut Beberapa Cara Menghilangkan Asam Urat di Kaki
Ilustrasi (CNN Indonesia : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Sabtu, 10 Februari 2024 10:02 WIB

Terasjabar.id -- SIMAK 8 cara menghilangkan asam urat di kaki yang ampuh. Dalam hal ini, asam urat adalah suatu bentuk radang sendi yang menyebabkan nyeri dan bengkak pada persendian Anda. Serta terjadi ketika ada penumpukan asam urat di tubuh Anda.


Ketika tubuh Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi (hiperurisemia),nantinya dapat menumpuk dan mengendap di persendian Anda. Untuk itu ada cara menghilangkannya.

Berikut 8 cara menghilangkan asam urat di kaki yang ampuh:

1. Minum banyak air

Ketika seseorang menderita asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi gejala adalah dengan minum lebih banyak air.

Meningkatkan konsumsi cairan dapat merangsang ginjal seseorang untuk mengeluaarkan cairan berlebih, sehingga mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

2. Kompres es


Menerapkan kompres es yang dilapisi kain pada sendi dapat membantu mengurangi peradangan terkait asam urat.

3. Mengurangi stres

Stres dapat memperburuk gejala asam urat. Meskipun tidak selalu mungkin untuk menghilangkan semua sumber stres.

4. Meninggikan sendi yang terkena

Asam urat dapat menyebabkan nyeri dan bengkak, terutama pada kaki, tangan, lutut, dan pergelangan kaki.

Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan meninggikan sendi yang terkena. Hal ini mendorong darah dan cairan menjauh dari sendi dan kembali menuju jantung.

5. Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas

Meskipun obat antiinflamasi yang dijual bebas (OTC), seperti ibuprofen (Advil) dan naproxen sodium (Aleve), mungkin tidak “alami”, obat tersebut merupakan pilihan yang baik untuk mengobati nyeri dan peradangan akibat asam urat.

Orang tidak boleh mengonsumsi lebih dari dosis yang dianjurkan dan selalu bertanya kepada dokter apakah obat yang dijual bebas dapat mengganggu pengobatan mereka yang lain.

Jika obat pereda nyeri yang dijual bebas tidak membantu, seseorang mungkin ingin bertanya kepada dokter tentang obat resep yang lebih kuat.

6. Minum kopi

Beberapa orang percaya bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko terkena asam urat.

Tinjauan dan meta-analisis tahun 2016 menunjukkan bahwa mereka yang minum lebih banyak kopi memiliki kemungkinan lebih kecil terkena asam urat. Hal ini mungkin karena kopi mampu menurunkan kadar asam urat.

Analisis lebih lanjut pada tahun 2022 melaporkan bahwa konsumsi kopi menurunkan risiko asam urat, dan mungkin melakukan hal ini secara independen dari menurunkan kadar asam urat.

7. Minum air lemon

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa menambahkan jus dua buah lemon segar ke dalam 2 liter air setiap hari dapat mengurangi asam urat pada penderita asam urat.

Para peneliti menyimpulkan bahwa air lemon membantu menetralkan asam urat dalam tubuh, sehingga membantu menurunkan kadarnya.

8. Konsumsi air kunyit

Kamu bisa membuat obat asam urat langsung dari kunyit asli. Caranya, rebus satu ibu jari kunyit dan diambil airnya, lalu diminum. Untuk rebusan, kamu juga bisa menyajikannya berbarengan dengan herbal lain seperti daun kumis kucing, juga temulawak.

Pilihan lainnya adalah membuat pasta kunyit. Dengan mengambil bubuk kunyit di dapur, campurkan 1 hingga 2 sendok makan yogurt, madu mentah, atau minyak kelapa dengan 1 sendok teh kunyit. Oleskan pasta pada sendi yang terkena dan bersihkan setelah 10 hingga 15 menit.



Disadur dari OKezone.com 

Asam Urat Penyakit Cara Menghilangkan Kesehatan


Loading...