Beberapa Makanan Ini Wajib Dihindari saat Imlek

Beberapa Makanan Ini Wajib Dihindari saat Imlek
Ilustrasi (Detik.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 8 Februari 2024 11:13 WIB

Terasjabar.id -- EUFORIA perayaan tahun baru Imlek semakin dekat dan sudah mulai terasa. Berbagai dekorasi bertemakan oriental dan didominasi warna merah pun sudah banyak dipasang di berbagai tempat.

Rasanya tak lengkap jika kemeriahan perayaan Imlek tanpa dilengkapi dengan berbagai sajian kuliner khas Imlek. Namun, menurut kepercayaan orang Tionghoa terdapat beberapa makanan yang tidak boleh disajikan pada saat imlek lho.

Meskipun Anda sangat menyukainya, tapi sebaiknya hindari mengkonsumsi beberapa makanan tersebut. Sebab dipercaya dapat membawakan kesialan atau bahkan malapetaka kepada siapapun yang mengkonsumsinya. Yuk simak beberapa makanan yang harus dihindari pada saat imlek, seperti dilansir akun TikTok @yukmakan.com, Kamis (8/2/2024).


1. Makanan berwarna putih

menurut kepercayaan warga Tionghoa, makanan yang berwarna putih dianggap sebagai simbol dari kematian. Sehingga dalam suka citanya perayaan imlek, makan-makanan berwarna putih tidak boleh disajikan karena takut membawa kesialan atau berita duka.

2. Bubur

Meskipun bubur menjadi salah satu makanan yang populer di Indonesia, akan tetapi mengkonsumsi bubur saat hari imlek dipercaya akan membawa kemiskinan. Hal ini dikarenakan menurut kepercayaan Tionghoa, bubur memiliki warna yang putih pucat sehingga disimbolkan dengan kemiskinan dan membawa kesialan.

3. Lobster dan kepiting

Mengkonsumsi lobster ataupun kepiting saat hari raya imlek dianggap dapat membawa kemunduran dalam hidup. Kepercayaan ini berasal dari cara jalan kepiting yang kesamping dan tidak maju, sehingga dipercaya jika mengkonsumsinya dapat membuat hidup tidak maju.


4. Labu

Bukan dari warna dan juga tekstur, tetapi larangan mengkonsumsi labu saat imlek berasal dari pelafalan katanya. Kata labu dalam bahasa Mandarin dilafalkan dengan ‘gwa’ , ternyata kata ini juga memiliki arti kematian. Sehingga hal ini sangat dilarang karena takut membawa berita duka pada keluarga.

5. Sayap ayam

Jika Anda sangat menyukai sayap ayam, sebaiknya hindari mengkonsumsinya pada saat hari imlek. Pasalnya menurut kepercayaan Tionghoa, mengkonsumsi sayap ayam dipercaya dapat menerbangkan segala keberuntungan yang akan datang menghampiri hidup Anda.



Disadur dari OKezone.com 

Tahun Baru Imlek Makanan Kuliner


Loading...