Berikut Tips Cara Membuat Gimbap di Rumah, Makanan Khas Negeri Ginseng

Berikut Tips Cara Membuat Gimbap di Rumah, Makanan Khas Negeri Ginseng
Ilustrasi (Fimela : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Rabu, 7 Februari 2024 11:02 WIB

Terasjabar.id -- GIMBAP jadi salah satu makanan khas Korea yang semakin tenar di kalangan masyarakat Indonesia, seiring dengan semakin populernya budaya drama, film, dan K-Pop di Tanah Air.

Ya, selain teopokki bisa dibilang gimbap jadi salah satu makanan khas Negeri Ginseng tersebut yang sangat mudah ditemui di Indonesia saat ini. Artinya, semakin banyak masyarakat yang menggemari hidangan staple orang Korea tersebut.

Kimbap sendiri selain bisa didapatkan di rumah makan atau restoran, hingga supermarket khas Korea, nyatanya memang bisa dibuat sendiri di rumah. Salah satunya seperti yang rutin dilakukan oleh konten kreator yang fokus ke hall-hal tentang Korea, Rizki Lunca.

Rizki mengaku mempelajari secara otodidak membuat sejumlah makanan khas Korea Selatan, termasuk gimbap. Pasalnya, saat itu sangat sulit untuk mendapatkan makanan khas Korea Selatan di Indonesia, bahkan bahan-bahan untuk membuatnya harus dibeli secara online.

Untuk membuat kimbap dengan rasa yang menyerupai negara asalnya, Rizki mengatakan harus menggunakan bahan dari Korea Selatan atau Jepang. Ini akan membuat gimbab terasa lebih segar dan rasanya akan sangat mirip dengan di Korea Selatan.

(Foto: MPI/ Fadli) 

"Tipsnya kalau mau rasanya enak itu berasnya pakai beras Jepang atau Korea yang emang khusus buat Kimbab. Dia (berasnya) itu lebih pendek-pendek, kecil-kecil, dan kayak transparan gitu bening," kata Rizki, kala ditemui di Gedung iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

"Kalau isiannya bebas bisa pakai apa saja. Kalau untuk norinya dulu harus beli online, sekarang gampang di toko bahan kue juga sudah banyak yang jual. Norinya juga yang original khusus gimbab," tambahnya.

Saat mempraktekkan langsung membuat gimbap di acara Morning Update iNews, Rizki terlihat sudah andal menggulung kimbab tanpa makisu atau alas roll sushi. Menurutnya, cara itu lebih mudah karena isian gimbab yang lebih banyak ketimbang sushi.

"Itu (roll-nya) sepengalaman saja. Kalau pakai makisu emang enak untuk bikin sushi. Tapi kalau bikin gimbab pakai makisu itu agak ribet karena isiannya banyak, jadi digulung langsung. Pas sudah kegulung baru dikencengin pakai makisu," ujar Rizki memberi tips.

Soal isian, Rizki menegaskan bisa dimodifikasi sesuai selera dan menggunakan bahan yang ada di rumah. Tetapi jika ingin menjaga cita rasanya, maka harus diberikan danmuji alias lobak kuning asal Korea Selatan.

"Isiannya umumnya itu kayak bayem rebus, timun yang sudah diiris-iris, wortel sudah ditumis pakai minyak wijen dan soyu, sama danmuji atau acar lobak kuning, biasanya kimbab ada itunya jadi rasanya segar,” katanya.

Untuk nasinya sendiri, Rizki menyarankan menggunakan beras Jepang atau Korea Selatan, meski memang bisa diganti dengan beras pulen agar dapat merekat, hanya saja rasanya akan berbeda.

Dalam membuat nasi untuk gimbap, triknya adalah setelah matang langsung diberikan minyak wijen untuk memberikan aroma. Nasi panas disiram minyak wijen dan dikasih garam dikit, lalu dikasih wijen sangrai dan diaduk.

“Kira-kira 500 gram nasi dikasih minyak wijen 1 sampai 2 sendok makan. Minyak wijen untuk membuat nasinya wangi, mungkin buat pembeda juga kali ya antara gimbab dan sushi," pungkas Rizki.

Disadur dari Okezone.com 

Gimbap Makanan Khas Korea Cara Membuat


Loading...