Berikut Doa dan Dzikir di Malam Isra Miraj 2024

Berikut Doa dan Dzikir di Malam Isra Miraj 2024
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 7 Februari 2024 09:54 WIB

Terasjabar.id -- KETAHUI berikut ini doa dan dzikir di malam Isra Miraj 2024. Isra Miraj biasa diperingati setiap 27 Rajab dan tahun ini bertepatan dengan hari Kamis 8 Februari. 

Diketahui bahwa Isra Miraj adalah satu di antara mukjizat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam. Isra Miraj juga menjadi bukti kenabian dan kerasulan Nabi. 

Isra Miraj merupakan peristiwa dipanggilnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam menghadap Allah Subhanahu wa Ta'ala. Melalui keistimewaannya, Nabi melakukan perjalanan menaiki Buraq dan ditemani Malaikat Jibril dari Makkah ke Masjid Al Aqsa di Palestina.

Dari sana, Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam kemudian dinaikkan menembus pintu-pintu langit hingga Sidratul Muntaha (Miraj). Isra Miraj sangat istimewa berkat peristiwa yang terjadi dalam prosesnya.

Peristiwa Isra Miraj sangat berharga bagi umat Islam, karena di sinilah Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi Wasallam menerima perintah dari Allah Subhanahu wa Ta'ala tentang kewajiban menunaikan sholat lima waktu sehari semalam. 

Berikut ini beberapa bacaan doa dan dzikir di malam Isra Miraj yang bisa diamalkan kaum Muslimin:

1. Istighfar

Isra Miraj disebut terjadi pada malam 27 Rajab, namun para ulama berbeda pendapat mengenai hal ini. Adapun Rajab merupakan satu dari empat bulan suci dalam tahun Hijriah. Sangat baik mengerjakan amalan salih pada bulan ini.

Salah satu amalan yang bisa dilakukan pada bulan Rajab adalah istighfar. Perbanyaklah istighfar pada bulan Rajab demi meminta pengampunan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Pasalnya pada bulan Rajab, Allah Ta'ala senantiasa mencurahkan rahmat untuk hamba-hamba-Nya. 

Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam telah mencontohkan kepada umatnya untuk memperbanyak istighfar (bacaan: Astaghfirullah). Sebab manusia tidaklah luput dari kesalahan dan dosa, sehingga istighfar dan tobat mesti dijaga setiap saat.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia mendengar Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

وَاللَّهِ إِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ فِى الْيَوْمِ أَكْثَرَ مِنْ سَبْعِينَ مَرَّةً

"Demi Allah, aku sungguh beristighfar pada Allah dan bertobat pada-Nya dalam sehari lebih dari 70 kali." (HR Bukhari nomor 6307)

Dari Al Aghorr Al Muzanni, sahabat Nabi, bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّهُ لَيُغَانُ عَلَى قَلْبِى وَإِنِّى لأَسْتَغْفِرُ اللَّهَ فِى الْيَوْمِ مِائَةَ مَرَّةٍ

"Ketika hatiku malas, aku beristighfar pada Allah dalam sehari sebanyak 100 kali." (HR Muslim nomor 2702) 

2. Doa selalu mengingat Allah

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Arab latin: Allahumma a'innee 'alaa dhikrika wa shukrika wa husni 'ibaadatika.

Artinya: "Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah dengan sebaik-baik ibadah." 

3. Doa terlindung dari fitnah Dajjal

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ

Arab latin: Allahumma inni a'udhu bika min 'adhaabil-qabr, wa min 'adhaabin-naar, wa min fitnatil-mahyaa wal-mamaat, wa min sharri fitnatil-masihi ad-dajjaal.

Artinya: "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, fitnah kehidupan dan kematian, dan keburukan fitnah Al-Masih Ad-Dajjal." 

4. Doa mohon ampunan dosa

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي وَعَافِنِي وَارْزُقْنِي وَاهْدِ

Arab latin: Allahumma ighfir lii warhamnii wa 'aafinii wa arzuqnii wahdinii.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku, sayangilah aku, lindungilah aku dari penyakit dan musibah, berikanlah aku rezeki yang halal, dan beri petunjuk hidayah."

Demikian doa dan dzikir di malam Isra Miraj 2024 atau waktu-waktu terbaik lainnya. Allahu a'lam

Disadur dari Okezone.com 

Doa Dzikir Isra Miraj 2024


Loading...