Jerawat Bisa Tumbuh di Kulit Kepala, Mungkin ini Penyebabanya

Jerawat Bisa Tumbuh di Kulit Kepala, Mungkin ini Penyebabanya
Ilustrasi (Beautynesia : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 6 Februari 2024 11:44 WIB

Terasjabar.id -- MASALAH kulit kepala bukan hanya seputar gatal, ketombe, rambut rontok, atau kulit kepala yang kering. Tahukah Anda, salah satu permasalah yang tidak kalah penting menjadi perhatian adalah jerawat di kulit kepala.

Layaknya jerawat di wajah atau area tubuh lainnya, seperti punggung contohnya, jerawat di kulit kepala pun menimbulkan rasa sakit. Dalam bentuk dasarnya, jerawat dapat terjadi ketika pori-pori kulit kepala tersumbat dengan zat eksternal seperti kotoran, minyak, dan bakteri.

Mengutip STYLECRAZE, Selasa (6/2/2024) dikatakan ada berbagai faktor penyebab cara kenapa jerawat kulit di kepala terjadi, salah satunya yaitu penyumbatan pada pori-pori. Penyumbatan di pori-pori kulit kepala ini, bisa menyebabkan peradangan kulit dan mengundang bakteri untuk berkembang biak.

Beberapa bakteri dan jamur yang dapat memperburuk jerawat di kulit kepala adalah mulai dari staphylococcus aureus, pseudomonas, molluscum contagiosum, dan propionibacterium acnes.

Tak hanya berkembangbiaknya bakteri serta jamur, kebiasaan lain sehari-hari juga bisa memicu terjadinya jerawat di kulit kepala. Sebut saja karena kurangnya kebersihan diri untuk melakukan perawatan rambut, menggunakan produk rambut yang terlalu banyak minyak, dan mengabaikan tanda-tanda jerawat ringan dan sedang, sehingga dibiarkan tanpa adanya pengobatan.


Mirip dengan jerawat di wajah atau tubuh, di area kulit kepala jerawat juga dapat bermanifestasi dalam bentuk komedo, komedo putih, papula, pustula, dan nodul. Beberapa jerawat ini akan meninggalkan bekas luka dan mencegah pertumbuhan rambut dari folikel di daerah itu.

Maka dari itu, jika Anda mengetahui adanya jerawat yang persisten dan menyakitkan di kulit kepala agar segera berkonsultasi kepada ahlinya. Sehingga cara pengobatan sebagai penanganan bisa diberikan secara tepat, alhasil bisa sembuh lebih cepat.

Disadur dari Okezone.com 

Kulit Kepala Jerawat Gatal KEtombe


Loading...