7 Kebiasaan agar Bisa Mencapai Tujuan Finansial

7 Kebiasaan agar Bisa Mencapai Tujuan Finansial
45.153.231.124
Editor: Admin Teras Bisnis —Rabu, 31 Januari 2024 15:20 WIB

Terasjabar - Setiap orang harus mengetahui kalau memiliki kebiasaan finansial akan membawa pada tujuan hidup jangka pendek dan jangka panjang. Namun, kerap kali orang terlalu ambisius dalam menjalankan kebiasaan finansialnya.

Sebagian orang mencoba mengikuti terlalu banyak kebiasaan dan berjuang untuk mempertahankan kebiasaan finansial tersebut.

Wakil presiden Achieve Tanya Peterson mengatakan, mulailah dengan memiliki satu atau dua kebiasaan finansial saja.

Lantas apa saja kebiasaan finansial yang dapat dipilih seseorang untuk mencapai tujuannya?

Berikut 7 kebiasaan yang dapat ditetapkan dan ikuti setiap hari untuk meningkatkan kesehatan finansial.

1. Bayar tagihan tepat waktu

Usahakan bayar tagihan tepat waktu. Peterson menyarankan untuk menyiapkan sebuah sistem.

Misalnya seseorang dapat menggunakan aplikasi, kalender online, atau file kertas di meja untuk membantu mengingatkan agar membayar tagihan tepat waktu.

2. Periksa keuangan setiap hari

Manajer hubungan senior di Addition Financial Valerie Moses menanjurkan masyarakat mengecek rekening tabungannya setiap hari.

Dengan begitu, masyarakat bisa mengetahui berapa banyak uang yang ada setiap saat. Pemilik uang juga mampu menghindari penarikan berlebihan pada rekening. Ini juga merupakan cara mudah untuk mendeteksi penipuan apa pun yang mungkin terjadi.

Mengawasi keuangan kini lebih mudah dengan menggunakan aplikasi perbankan online dan seluler.

3. Bangun kebiasaan menumpuk

Perencana keuangan di District Capital Management Alvin Carlos mengatakan, kebiasaan menumpuk adalah praktif menempelkan kebiasaan finansial dengan kebiasaan yang sudah ada. Itu akan membantu seseorang tetap fokus pada kebiasaan finansial.

Carlos menggunakan contoh, seseorang mungkin memeriksa keuangan setelah lari akhir pekan atau setelah minum kopi di Sabtu pagi.

Dia juga merekomendasikan untuk menambahkan acara rutin di kalender yang memungkinkan seseorang meninjau keuangan sebulan sekali.

4. Sisihkan tabungan 10 persen dari gaji

Jadikanlah menabung sebagai kebiasaan. Mulailah dengan menabung 10 persen dari gaji. Jumlah tabungan dapat ditingkatkan. Biasakan menabung dengan otomatis, dan bukan menjadikan menabung sebagai pilihan.

Baca juga: Ini 5 Kebiasaan Orang Kaya dalam Menghabiskan Uangnya

5. Buat dan patuhi anggaran

Seseorang harus memiliki anggaran. Memiliki dan berpegang pada anggaran adalah salah satu kebiasaan finansial terbaik yang dapat diterapkan oleh siapa pun.

Anggaran dapat memberi arahan finansial pada seseorang dan membantu menghitung kondisi keuangan.

Namun perlu diingat, setiap anggaran terlihat berbeda-beda, bergantung pada kebutuhan dan prioritas unik rumah tangga. Untuk itu, penting juga mengevaluasi anggaran secara teratur dan menentukan pos keuangan mana saja yang berhasil.

6. Bersiasat untuk Menghemat

Di tengah meningkatnya biaya hidup, carilah cara kecil untuk menghemat uang. Misalnya, masyarakat dapat memilih untuk mencuci baju sendiri alih-alih pergi kel laundry. Seseorang juga dapat mengusahakan untuk masak sendiri daripada membelinya ke warung.

Kebiasaan ini tampak kecil, tetapi akan memberikan dampak yang signifikan pada pengembangan keuangan.

7. Buat tujuan finansial

Tujuan finansial akan membuat kebiasaan keuangan yang dibangun dapat bertahan. Penting untuk memikirkan tujuan finansial jangka panjang dan jangka pendek.

Misalnya, seseorang ingin penisun pada usia tertentu, pergi berlibur memiliki waktu menekuni hobi dan membeli TV baru.

Memiliki tujuan finansial akan membuat seseorang terhindar dari belanja impulsif dan tetap berpegang pada anggaran.

Tujuan finansial tidak hanya akan meningkatkan kehidupan sehari-hari, tetapi juga menyiapkan kesuksesan di masa mendatang.

Demikian beberapa kebiasaan finansial yang dapat dilakukan seseorang untuk meningkatkan taraf kehidupan.

Baca juga: Ini Kebiasaan Investor Sukses

financial freedom finansial keuangan


Loading...