Skema Cicilan UKT ITB dengan Pinjaman Online Maka Akan Rugikan Mahasiswa

Skema Cicilan UKT ITB dengan Pinjaman Online Maka Akan Rugikan Mahasiswa
Foto : Institut Teknologi Bandung : Google
Editor: Admin Pendidikan —Selasa, 30 Januari 2024 14:18 WIB

Terasjabar.Id - Institut Teknologi Bandung (ITB) menjalin kerja sama dengan salah satu pinjaman online (pinjol) bernama Danacita. Kerja sama ini dimaksudkan untuk memberikan layanan agar mahasiswa bisa mencicil uang kuliah tunggal (UKT). Padahal langkah ini dinilai bisa membawa mahasiswa dalam lingkaran utang. Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda menyatakan, skema cicilan UKT dengan pinjol akan merugikan mahasiswa.

"Bagi mahasiswa yang benar tidak mampu mereka terpaksa mengambil opsi ini, bagi mahaswa nakal opsi ini bisa disalahgunakan untuk kepentingan lain. Ujungnya mahasiswa dan wali mahasiswa yang dirugikan," kata dia dalam keterangannya, Selasa (30/1/2024).

Dia mengatakan, ITB sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) memang mempunyai hak untuk melakukan kerja sama dengan pihak ketiga dalam proses penyelenggaraan pendidikan.

Meski begitu, kerja sama yang dilakukan seharusnya tidak bolah membuka potensi kerugian atau beban, khususnya bagi mahasiswa.

"Bekerja sama dengan pinjol meski tidak ada jaminan maupun DP tetapi pasti ada bunga. Kami mendengar jika dana pinjaman senilai Rp 12,5 juta dengan tenor selama 12 bulan, harus dicicil mahasiswa Rp 1.291.667 per bulan atau total Rp15.5000.000 setahun," ujar dia.

Sebagai PTN-BH, bilang dia, ITB pun berhak menentukan besaran UKT bagi mahasiswa secara mandiri. Meski begitu, dalam Pasal 65 ayat 4 UU No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi disebutkan jika penyelenggaraan fungsi pendidikan di PTN-BH harus tetap terjangkau masyarakat.

"Saat ini sebagian PTN-BH masih mengandalkan biaya pendidikan dari mahasiswa sebagai sumber utama pendanaan. Padahal mereka telah diberikan otoritas yang relatif luas mengali sumber pendanaan di luar APBN," jelas dia.

Dia menegaskan, sebagian besar mahasiswa saat ini merasakan biaya kuliah di perguruan tinggi negeri (PTN) masih tergolong berat.

"Kami tidak ingin otoritas pengelolaan sumber pendanaan ini justru memicu komersialisasi pendidikan, entah itu melalui UKT atau seleksi masuk mahasiswa baru lewat mandiri," pungkas dia.

Sumber : Kompas

cicilan UK ITB pinjaman online pinjol mahasiswa merugikan


Loading...