Berikut Profil Joel Kojo, Bomber Kirgistan yang Loloskan Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023

Berikut Profil Joel Kojo, Bomber Kirgistan yang Loloskan Timnas Indonesia ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Jumat, 26 Januari 2024 09:35 WIB

Terasjabar.id -- PROFIL Joel Kojo, bomber Timnas Kirgistan yang bantu Timnas Indonesia lolos ke 16 besar Piala Asia 2023 akan dibahas Okezone di artikel ini. Joel Kojo kini menjadi nama yang kerap dibahas oleh para pencinta sepakbola Tanah Air, sebab berkat golnya di laga Kirgistan vs Oman, Timnas Indonesia pun lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia finis di peringkat ketiga pada Grup D Piala Asia 2023 usai kalah 1-3 dari Jepang di laga terakhir. Hasil itu membuat Timnas Indonesia masih berpeluang lolos ke 16 besar, namun masih tergantung hasil dari laga pamungka Grup E dan Grup F.

Pada awalnya, hasil dari Grup E tidak menguntungkan Timnas Indonesia. Sebab Bahrain yang seharusnya kalah justru berhasil menang 1-0 atas Yordania.

Harapan Timnas Indonesia pun berubah ke laga pamungas Grup F antara Kirgistan vs Oman. Dalam laga itu, skor harus berakhir imbang untuk membuat Garuda menjadi empat tim peringkat ketiga terbaik di Piala Asia 2023 tersebut.

Beruntungnya, laga Kirgistan vs Oman benar-benar berakhir imbang dengan skor 1-1. Oman awalnya mencetak gol lebih dulu lewat aksi cepat Muhsen Al Ghassani di menit kedelapan.

Joel Kojo

Lalu, Kirgistan mencetak gol penyeimbang lewat aksi Joel Kojo di menit 88. Berkat gol Kojo itulah Timnas Indonesia untuk pertama kalinya lolos ke Piala Asia usai sebelumnya pernah ikut di empat edisi (1996, 2000, 2004, 2007).

Kojo pun langsung viral di media sosial Indonesia. Bahkan banyak netizen yang mendatangi instagram pribadi Kojo, @kojo_joel_10, hanya untuk sekadar komentar terima kasih dan mem-follow akun instagramnya.

Lantas, siapa sebenarnya Kojo? Untuk mengenal striker Timnas Kirgistan itu, Berikut profil singkat dari Kojo.

Kojo merupakan pesepakbola berdarah Kirgistan-Ghana. Ia lahir di Accra, Ghana pada 21 Agustus 1998. Kini ia pun bertugas sebagai striker utama dari Timnas Kirgistan.


Pemain berusia 25 tahun pertama kali belajar sepakbola di Akademi KK Adonteng yang berada di Ghana. Pada 2017, Kojo direkrut tim Kirgistan, yakni Alay Osh. Lalu pada 2021 Kojo pindah ke klub Kirgistan lainnya, FK Dordoi Bishkek dengan bebas transfer.

Karier Kojo pun kian menanjak. Terbukti pada musim dingin 2023 lalu, ia direkrut klub kasta tertinggi Liga Uzbekistan, yakni Dinamo Samarqand.

Sejauh ini Kojo sudah memainkan 23 laga bersama Dinamo Samarqand di berbagai kompetisi. Ia pun sukses menyumbang 15 gol dan 3 assist sejauh ini di klub Uzbekistan tersebut.

Joel Kojo

Lalu untuk di Timnas Kirgistan, Kojo sudah mencatatkan 12 laga bersama timnas tersebut dan mencetak empat gol, yang mana salah satunya adalah gol ke gawang Oman yang sekaligus menjadi penyelamat Timnas Indonesia.

Profil Joel Kojo

Nama: Joel Kojo

Tanggal Lahir: 21 Agustus 1998 (25 tahun)

Tempat Lahir: Accra (Ghana)

Tinggi: 1,74 m

Kewarganegaraan: Ghana-Kirgistan

Posisi: Penyerang

Klub: Dinamo Samarqand (Liga Uzbekistan)

Disadur dari OKezone.com 

Joel Kojo Timnas Kirgistan Oman Piala Asia 2023 Timnas Indonesia


Loading...