Cak Fauzi Terus Dukung Inovasi dan Kreativitas Siswa di Sumenep

Cak Fauzi Terus Dukung Inovasi dan Kreativitas Siswa di Sumenep
https://surabayapagi.com/
Editor: Admin Pendidikan —Kamis, 18 Januari 2024 08:34 WIB

Terasjabar - Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo atau Cak Fauzi memastikan terus mendukung kreativitas dan inovasi yang ada di Sumenep, tak terkecuali pelajar. Saat dipamerkan karya dari siswa SMKN 1 Sumenep, Cak Fauzi langsung meminta untuk dibuat pilot project agar inovasi tersebut bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat.
"Yang pasti kami siap mendukung. Mau bikin pilot project, segera. Kami juga akan bantu," kata Cak Fauzi dalam keterangan tertulis, Kamis (18/1/2024).

Hal ini ia sampaikan saat menghadiri kegiatan Job and Edufair di SMKN 1 Sumenep.

Adapun karya yang dipamerkan siswa SMKN 1 Sumenep berupa penerapan konsep smart garden school, smart water distribution system, smart light technology, smart pond, school smart bell, smart lab automation service, dan lainnya.

Lantaran masih berupa konsep dan miniatur, Cak Fauzi menyarankan untuk dilakukan perhitungan ulang terkait karya-karya tersebut. Ini agar penerapan dalam skala besar bisa minim kesalahan.

"Sehingga kalau digerakkan di sekolah, bukan lagi dalam bentuk miniatur, tapi sudah berupa contoh jadinya," tambahnya.

Dukungan untuk setiap karya kreativitas menjadi bagian dari usahanya membangun Sumenep, terutama meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam konteks pengembangan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi, ada beberapa fokus yang terus dilakukan Cak Fauzi. Seperti program wirausaha santri, job fair, termasuk pelatihan sumber daya manusia profesi khusus.

Cak Fauzi melanjutkan jika Pemerintah Kabupaten Sumenep juga fokus pada upaya pembinaan UMKM baru, membantu UMKM dengan kredit bunga 0 persen, serta mendorong investasi masuk ke Sumenep.

"Jika angka pengangguran semakin berkurang, maka tingkat kesejahteraan akan terus meningkat. Alhamdulillah Sumenep menjadi kabupaten dengan tingkat pengangguran terbuka terendah di Jawa Timur berturut-turut," kata Cak Fauzi.

Data Badan Pusat Statistik (BPS), Sumenep menjadi kabupaten dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) terendah di Jawa Timur dari 2021 hingga 2023. Pada 2021, TPT Sumenep berada di angka 2,31. Pada 2022 menjadi 1,36. Untuk diketahui, TPT Jawa Timur berada di angka 4,88.

"Pada tahun 2023, ada kenaikan sedikit, menjadi 1,71. Tapi tetap, tingkat pengangguran terbuka Sumenep menjadi yang terendah di Jawa Timur," pungkasnya.

(Sumber : detik.com)

Cak Fauzi Siswa Sumenep


Loading...