Segini Waktu yang Baik Untuk Merebus Telur Agar Matang Sempurna Atau Mau Setengah Matang

Segini Waktu yang Baik Untuk Merebus Telur Agar Matang Sempurna Atau Mau Setengah Matang
CNN Indonesia
Editor: Malda Life Style —Kamis, 30 November 2023 15:17 WIB

Terasjabar.id - Segini Waktu yang Baik Untuk Merebus Telur Agar Matang Sempurna Atau Mau Setengah Matang 

Telur rebus bisa diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari telur balado, bacem, gulai, semur, hingga sambal goreng telur. Telur rebus juga sangat cocok untuk campuran salad, serta ditambahkan ke rebusan mie atau ramen.
Terasjabar.id - Agar hidangan semakin nikmat, tingkat kematangan telur rebus yang digunakan juga perlu disesuaikan dengan selera. Untuk mendapatkan kematangan telur yang diinginkan, bisa memperhatikan berapa lama waktu untuk merebusnya.

Waktu perebusan yang sebentar dan tidak begitu lama biasanya menghasilkan telur yang lembut hingga matang sempurna. Tapi, waktu merebus yang lebih lama akan membuat telur terlalu matang sehingga tekstur bagian putihnya kenyal serta kuningnya berwarna kehijauan dan kering.

Karena itu, waktu merebus telur yang tepat mesti diperhatikan untuk memperoleh tingkat kematangan telur rebus yang sesuai. Lantas, rebus telur berapa menit? Simak penjelasan berikut untuk ketahui durasi merebus telur yang matang sempurna atau telur rebus setengah matang.

Berapa Menit untuk Merebus Telur?
Waktu merebus dapat menentukan tingkat kematangan bagian putih dan kuning telur yang dihasilkan. Untuk merebus telur selama 4-6 menit akan memberikan telur setengah matang, dan durasi perebusan 8-12 akan menghasilkan telur matang sempurna.

Dikutip laman Allrecipes, berikut rincian waktu yang diperlukan untuk merebus telur:

1. Telur Direbus Selama 2-4 Menit
Merebus telur dalam waktu 2-4 menit akan menghasilkan bagian kuning telur yang lembut dan masih cair meleleh ketika dibelah, serta bagian putihnya yang lembut dan sedikit berair pula.

Tingkat kematangan telur rebus seperti ini cocok dipadukan dengan menaruh di atas toast atau menyantapnya langsung dengan diberi sedikit taburan lada. Telur seperti ini bisa pula disantap dengan mie rebus atau goreng hangat jika sesuai selera.

2. Telur Direbus Selama 6-8 Menit
Dengan direbus selama 6-8 menit, bagian kuning telur menjadi lembut dan sudah agak mengeras. Adapun bagian putih telurnya pun telah mengeras tapi masih lembut. Untuk tingkat setengah matang seperti ini, telur rebus dapat disantap dengan sajian mie.

3. Telur Direbus Selama 10-15 Menit
Telur yang direbus selama 10-15 akan sepenuhnya matang, dengan bagian putih yang kenyal mengeras dan bagian kuningnya matang padat. Tingkat kematangan telur rebus sempurna ini cocok diolah menjadi berbagai masakan Indonesia karena tidak mudah hancur.

Cara Merebus Telur yang Benar
Untuk mendapatkan tingkat kematangan telur rebus yang sesuai selera, perhatikan pula cara merebus telurnya. Berikut cara merebus telur yang baik:

Siapkan panci, lalu tempatkan telur di bagian dasar panci
Isi panci dengan air sampai tingginya 2 cm atas telur (telur harus terendam air)
Didihkan air di atas kompor dengan api besar
Setelah air mendidih, tutup panci dengan penutupnya dan angkat panci dari api. Ingat, jangan angkat tutupnya
Kemudian atur timer untuk dari 4 - 12 menit untuk tingkat kematangan telur rebus yang diinginkan
Siapkan es batu dan air di dalam mangkuk besar
Saat timer yang diatur durasi waktu tertentu berbunyi, pindahkan telur dari panci ke wadah air es batu yang telah disiapkan. Rendam sekitar 10 menit
Setelahnya, kupas cangkang dengan mengetuk telur rebus pada permukaan keras dan hingga cangkang longgar seluruhnya agar pengupasan lebih mudah
Kemudian bilas telur untuk membersihkan sisa cangkang yang menempel
Dan telur rebus pun bisa disantap langsung, disajikan bersama hidangan lain, atau diolah kembali jadi masakan lain.
Itu tadi waktu yang diperlukan untuk merebus telur setengah matang atau sepenuhnya matang, beserta cara merebus telur yang benar.

Baca artikel detikfood, "Rebus Telur Berapa Menit? Ini Durasi dan Cara Merebus yang Tepat" selengkapnya https://food.detik.com/info-kuliner/d-7061728/rebus-telur-berapa-menit-ini-durasi-dan-cara-merebus-yang-tepat.


Segini Waktu yang Baik Untuk Merebus Telur Agar Matang Sempurna Atau Mau Setengah Matang


Loading...