SMPN 1 Cilawu Garut Mendapatkan 16 Kado Istimewa di HGN ke-29 Tahun 2023

SMPN 1 Cilawu Garut Mendapatkan 16 Kado Istimewa di HGN ke-29 Tahun 2023
R. Yusup Satria Gautama, M.Pd., Kepala SMPN 1 Cilawu foto bersama para juara beserta dan guru/pembimbing.
Editor: Jajang Teras Garut —Senin, 27 November 2023 20:21 WIB

TERASJABAR.ID - Di momen Hari Guru Nasional (HGN) ke-29 tahun 2023, guru-guru di SMPN 1 Cilawu menjadi Paskibra (Pasukan Pengibar Bendera) pada upacara pagi Senin pagi.

Menariknya, Rohaedah (59) guru yang setahun lagi memasuki purna tugas jadi bagian bagian Paskibra penuh semangat luar biasa, sehingga peserta upacara mengaguminya.

"Saya dari dulu seperti ini sebab profesi pendidik itu harus jadi contoh baik bagi semuanya. Sedangkan jadi Paskibra ini untuk memotivasi yang muda-muda, supaya semangat dalam mengajar, dan tentunya dapat menciptakan prestasi terhadap siswanya, baik akhlak, akademik maupun non-akademik," ujarnya saat ditemui usai upacara pada Senin (27/11/2023).

Selain itu, di momen HGN ke-29 ini SMPN 1 Cilawu mendapat kado terindah dari siswa-siswinya sebanyak 16 prestasi di tingkat Kabupaten Garut, dan provinsi Jawa Barat.

"Alhamdulillah, semoga kado spesial ini menjadi penyemangat buat kami para pendidik untuk lebih meningkatkan lagi kinerja dalam mendidik dan mencerdaskan anak bangsa, serta bergerak bersama merayakan merdeka belajar menuju Indonesia Emas tahun 2045," pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, R. Yusup Satria Gautama, M.Pd., Kepala SMPN 1 Cilawu mengatakan, bahwa dirinya memimpin sekolah berdasarkan arahan kepala dinas untuk bekerja, dan dapat menciptakan prestasi, bukan memikirkan karena uang, tapi fokus pada pengelolaan sekolah.

"Kalau bekerja mengejar-ngejar karena uang mungkin prestasi itu akan hilang, dan kami bekerja dengan ikhlas, amanah sehingga terciptalah prestasi," ucapnya.

Menurutnya, menciptakan prestasi itu dengan kekompakan yang solid, bekerja sesuai tupoksi, dan tidak mengkhianati kepercayaan dari institusi sekolah.

"Alhamdulillah siswa SMPN 1 Cilawu banyak yang berprestasi di tingkat Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, dan Nasional," ungkapnya.

Terkait dengan cara mempersatukan pada satuan pendidikan, kata Yusup, guru diberikan pengertian tupoksinya yaitu mengajar sedangkan tupoksi kepala sekolah, kalau dijabarkan mungkin terlalu panjang tapi garis besarnya sebagai manajerial, supervisi, wirausaha.

"Pembinaan itu adalah arahan dari dinas pendidikan, kemudian memotivasi, berinovasi, dan inovatif dari kepala sekolah dalam mengejar prestasi," pungkasnya.

Terpisah, beberapa siswa yang berprestasi, pendidik dan tenaga kependidikan yang sempat ditanya terkait dengan prestasi, serta campur tangan kepala sekolah. Mereka kompak menjawab bahwa R. Yusup Satria Gautama tak pernah mengejar-ngejar untung, tapi justeru banyak berkorban untuk mengejar prestasi.

Dadi Rusli salah satunya, yang mengaku membawa siswa SMPN 1 Cilawu pada FLS2N tingkat Nasional di Jawa Timur, dan mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 85 juta.

"Bapak kepala sekolah tak meminta serupiah pun, padahal yang membiayai dari berangkat hingga pulang dia sendiri, begitu juga di perlombaan lainnya," pungkasnya.

Adapun 16 kado istimewa untuk SMPN 1 Cilawu di momen HGN ke-29 serta HUT PGRI ke-78 tahun 2023 ditorehkan oleh :

Anisa Desi Mulyani (7 - D) Juara 1; Susiani PNW (7 - G) Juara 1; Deswita Selviani (7 - A) Juara 2; Muhammad Rafhi Ramdani (7 - G) Juara 2; Shofia Kholifah (7 - C) Juara 2; Safaraz Azfari Ehsan (8 - A) Juara 1; Siti Khairunnisa (8 - B) Juara 1; Zulfa Firqotul Aulia (8 - F) Juara 1; Epan Firmansyah (8 - J) Juara 1; Helmi (8 - J) Juara 1; Salwa Fitri Fauziah (8 - A) Juara 2; Feby Maulani Asya (8 - C) Juara 2;  Adli Shofa Rahadian (9 - J) Juara 2; Bella Luviana Pertiwi (9 - B) Juara 1; Luna Syaqila Indriyani (9 - B) Juara 2; dan Juara 2 LKBB yang diselenggarakan di MAN 2 Garut.

Adapun nama-namanya sebagai berikut : Irva Juliani (9-J), Nisa Aulia (8-E), Aini Yatul Mufarroha (8-G), Salsa Helista (8-E), Halwa Syallaabilla (9-I), Siti Maryam (8-D), Risma Fauzyah (9-J), Alya Nurfadilah (8-D), Nurul Keisha Wulansari (9-B), Erzha Aliana Putri (8-G), Diana Handiani (8-G), Risma Nur Aisah Putri (9-E), Feby Maulani Asya (8-C), Misca Ramadani (8-D), Delani Rahmadani (8-E), dan Zahra Maulida (8-F). ***Jajang Sukmana

Giat sekolah


Loading...