Tiga Anggota EXO Yakni Chen, Baekhyun dan Xiumin Putus Kontrak Dengan SM Entertainmet

Tiga Anggota EXO Yakni Chen, Baekhyun dan Xiumin Putus Kontrak Dengan SM Entertainmet
EXO CBX
Editor: Malda K-Pop —Kamis, 1 Juni 2023 10:36 WIB

Terasjabar.id - Tiga anggota boy grouyp EXO yaitu Chen, Baekhyun, dan Xiumin mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan kontrak dengan agensi SM Entertainment. Mereka menyampaikan pernyataan resmi melalui perwakilan hukum dan pengacara Lee Jae Hak dari firma hukum Lin pada 1 Juni 2023.

Menurut firma hukum Lin, anggota EXO yang tergabung dalam sub-unit EXO-CBX tersebut telah mengajukan 7 permintaan dokumen yang merinci pendapatan dan pembayaran mereka sejak bulan Maret hingga Mei.

"Para artis telah mengirimkan beberapa permintaan untuk pengungkapan data penyelesaian transparan dan bukti pendukung ke SM Entertainment sebanyak tujuh kali, dari tanggal 21 Maret hingga saat ini, melalui perwakilan hukum mereka," tutur pengacara Lee Jae Hak seperti dikutip dari KBIZoom (1/6/2023).

Ia melanjutkan, "Mereka menuntut data penyelesaian yang transparan dan bukti pendukung, yang merupakan permintaan minimum yang sah, berdasarkan kontrak eksklusif dan Undang-Undang Pengembangan Industri Budaya. Namun, SM secara konsisten mempertahankan posisi yang tidak adil dengan menolak memberikan salinan dokumen yang diminta."

Chen, Baekhyun, dan Xiumin merasa bahwa SM Entertainment menggunakan posisi mereka sebagai agensi besar untuk memaksa artisnya menandatangani kontrak yang dianggap sebagai "kontrak budak" untuk jangka waktu yang panjang, yaitu 12-13 tahun.

Baru-baru ini, mereka dituntut untuk memperbarui kontrak mereka menjadi 17-18 tahun. Mereka terus melakukan perilaku menindas dan menolak memberikan dokumen yang diperlukan.

Chen, Baekhyun, dan Xiumin menganggap SM Entertainment telah melanggar undang-undang mengenai kontrak di industri hiburan. Oleh karena itu, mereka memutuskan untuk mengambil tindakan hukum sekaligus sebagai juru bicara banyak artis lain yang bernasib sama.

Kabar yang sangat mendadak ini sangat mengejutkan banyak pihak, khususnya EXO-L, sebutan bagi penggemar EXO.

"Sebaiknya EXO keluar dari SM. Mereka harus berdiri sendiri seperti yang Shinhwa lakukan sekarang," tulis salah satu penggemar.

"Aku khawatir dan bingung. Apakah ini berita bagus? Semoga ini be

rita bagus," sahut penggemar yang lain.

"Aku tidak pernah melihat kontrak apa pun yang jangka waktunya 17-18 tahun. Itu jangka waktu yang gila," penggemar lainnya menimpali.

"Sejarah kembali terulang. Sepertinya SM masih belum membersihkan tindakan mereka dengan kontrak yang tidak adil. Sayang sekali karena artis-artis mereka sangat berbakat dan pekerja keras," kata salah satu penggemar lain.

Sampai saat ini, belum ada pernyataan lebih lanjut terkait kabar tersebut. SM Entertainment pun belum memberikan pernyataan resmi mereka. Bagaimana menurutmu?

(Sumber: Suara.com) 

EXO Chen baekhyun Xiumin SM entertainment Lee Jae Hak Anggota EXO EXO CBX


Loading...